Tanya Jawab (Q & A) Seputar Permasalahan Pmp 2017

Tanya Jawab Seputar Permasalahan PMP 2017

Hadirnya PMP semenjak tahun kemudian dan tahun ini, sedikit banyak cukup menyita waktu dan tenaga para operator sekolah. Bahkan tidak jarang mengakibatkan beberapa permasalahan yang cukup mengganggu pengerjaan PMP hingga selesai. Mulai dari kebijakan siapa yang harus mengisi kuesioner seharusnya, apa konsekuensi atau imbal balik yang didapat oleh operator hingga permasalahan aplikasi yang tidak sanggup diinstal dan tidak terhubung dapodik.
Nah kali ini mari kita bahas beberapa permasalahan yang timbul dalam pengerjaan PMP 2017. Mungkin aneka macam pertanyaan yang muncul dalam benar kita terkait pengerjaan PMP yang cukup melelahkan ini.

1. Aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan? (PMP Versi.2.0 vs Versi.2.1)
Banyak yang resah juga, aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan.  Apakah aplikasi versi 2.0 ataukah updaternya versi 2.1. Sebetulnya tidak usah bingung. Pengerjaan Aplikasi PMP periode tahun pelajaran 2017/2018 sanggup memakai versi 2.0 ataupun juga Updater 2.1. Namun apabila data responden PMP 2017 telah terpenuhi, sanggup melaksanakan konfirmasi dan pengiriman data, serta tercatat sudah kirim/diproses di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berarti sekolah telah memenuhi kewajiban pengiriman data PMP 2017.

2. Apa saja yang harus diperhatikan ketika akan memperbaharui aplikasi PMP 2017?
Masalah tersebut gotong royong sudah saya bahas diartikel sebelumnya. Namun masih ada beberapa yang bertanya bagaimana langkah sukses memperbaharui aplikasi PMP 2017 dari versi 2.0 ke versi 2.1. Langkah yang harus diperhatikan dalam memperbarui aplikasi PMP yaitu sebagai berikut:
  • Backup Data PMP dan simpan di folder yang kondusif (bukan folder Program Files)
  • Lakukan Instalasi sesuai dengan jenis file yang dipakai yaitu Installer (85,88 MB) atau Updater (45,7 MB)
  • Instalasi memakai Installer: Backup data -> Uninstall versi 2.0 -> Install versi 2.1 -> Restore data yang telah di-Backup
  • Instalasi memakai Updater: Backup data -> Install Updater versi 2.1
  • Cek Ulang Kofirmasi dan Kirim Data
Baca juga :
- Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi PMP 2017 Versi Terbaru (Versi 2.1)
- Cara Sukses Kirim PMP 2017 
3. Masalah apa saja yang sering muncul di aplikasi PMP 2017?
menurut hasil pantauan di lapangan beberapa kesalahan dan duduk masalah yang sering dijumpai pada Aplikasi PMP tahun 2017 yaitu:
  • Data Lupa belum di-Backup sehingga mulai dari awal lagi pengisian kuesionernya. 
  • Lupa melaksanakan simpan data ketika simpulan mengerjakan kuesioner sehingga ketika logout data kuesioner belum tersimpan
  • Kesalahan memakai file Instaler/Updater. Seharusnya memakai Installer kalau ingin melaksanakan instal ulang aplikasi, atau sebaliknya kalau tidak melaksanakan instal ulang maka pribadi saja memakai updater. Perbedaan terdapat pada ukuran file tersebut.
  • Menggunakan dua aplikasi Dapodik dalam satu laptop
  • Tidak sanggup melaksanakan salin PTK atau PD, dsb.
4. Bagaimana waktu pemrosesan data PMP di Website PMP? Real Time/Jeda Waktu?
Waktu pemrosesan data di website PMP dari mulai dikirim hingga dengan sudah diproses dilakukan secara tertunda/tidak real time dengan klarifikasi berikut:

  • Status Pengiriman adalah: Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses
  • Setelah sekolah berhasil melaksanakan proses pengiriman data, maka server hanya mendapatkan file-file PMP sekolah.
  • Update Pengiriman Sehari (1x24 jam) sesudah sekolah melaksanakan pengiriman, maka server memproses file-file PMP dengan mencatat log /waktu pengiriman beserta data balasan ke dalam database. Misalnya kalau sekolah melaksanakan pengiriman di tanggal 20 September 2017, maka log pengiriman gres akan masuk ke dalam database pada tanggal 21 September 2017.
  • Setelah log pengiriman sekolah dan file PMP diproses, maka website PMP melaksanakan sistem pembaharuan isu secara terpola setiap 6 jam sekali yaitu pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Kaprikornus misalkan waktu pengiriman yang sudah diproses dan masuk ke dalam database simpulan pada jam 09.00 WIB, maka datanya gres sanggup dilihat pada pukul 12.00.
  • Jika dalam waktu lebih dari 3x24 jam data masih mengatakan status Belum Kirim atau Gagal Diproses silahkan menghubungi LPMP, Dinas terkait untuk diinformasikan kepada admin pusat.

Masih adakah permasalahan lain yang perlu dibahas? Silahkan tulis di kolom kementar yang disediakan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...