Tahapan Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2018.B

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2018.B
Langkah-langkah Instal Program Dapodik Versi 2018.B - Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2018.b sudah secara resmi di rilis pada laman Resmi Dapodikdasmen Kemendikbud pada tanggal tiga puluh Januari 2018. Proses instalasi aplikasi Dapodik Versi 2018 dilakukan oleh artinya mitra operator sekolah telah mulai bisa untuk.

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2018.b

Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik versi 2018.b

Ada sejumlah perubahan/pembaharuan yang mesti diketahui pada program Dapodik Versi 2018.b ini. Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Program Dapodik 2018.b:

Saat buat akun GTK, penambahan fitur tampilkan password
Halaman resmi unduhan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b Dapodikdasmen Kemdikbud dikenal sebagai sebagai berikut : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
Link Prefill : Prefill Dapodik
Download dan simpan Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018.b dan Prefillnya di direktori pemnyimpanan perangkat komputer.
Langkah-langkah Instal Aplikasi Dapodik Versi 2018.b

Untuk langkah-langkah melakukan Install Program Dapodik Versi 2018.b langkah-langkahnya dikenal sebagai sebagai berikut :

Siapkan arsip installer yang telah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya.
Klik ganda arsip installer, kalau muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”.
Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.
Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Aku Sepakat” dan klik “Lanjut”.
Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis bakal mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem bakal otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi program.
Proses instalasi Program Dapodikdasmen sedang berjalan. Tunggu sampai proses pemasangan ini usai.
Untuk mengakhiri proses pemasangan Program Dapodikdasmen, klik “Selesai”.
Setelah proses instalasi maka akan mencuat ikon Program Dapodikdasmen di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka program.


Registrasi dan Login

Untuk bisa melakukan login dan masuk ke dashboard Aplikasi Dapodik, registrasi dilakukan terlebih dahulu kamu diharuskan. Ada 2  cara yang bisa dilakukan, yakni :

Registrasi secara online.
Registrasi secara offline.


Catatan :


Jika kamu memilih menggunakan registrasi offline, maka anda diharuskan melakukan Generate Prefill Dapodik. Tujuannya untuk mengambil database awal sekolah dari server agar mampu diregistrasikan di Program Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk arsip .prf). Generate prefill dikenal sebagai database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.
Namun kalau jaringan kamu bagus, anda bisa menggunakan registrasi online tanpa melakukan generate prefill dapodik.


Langkah-langkah Melakukan Generate Prefill Dapodik

Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server biar mampu diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk arsip .prf). Generate prefill adalah database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.

Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, sekarang proses generate prefill dapat dilakukan sesudah pengguna berhasil login menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:

Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), kemudian ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/download di address bar.
Pilih menu Data Prefill.
Pilih jenjang yang sesuai.
Masukkan username, password, dan kode registrasi.
Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate”. Tunggu proses generate usai.
Sesudah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil jendela
Klik “Download” dan simpan prefill itu di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.


Jika kamu bertemu dengan kesulitan atau persoalan mengenai penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b, maka ada baiknya anda unduh dan mempelajari Buku Pedoman Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b.

Demikian artikel mengenai Cara Instal Program Dapodik Versi 2018.B. Jika terdapat kesalahan mohon dikoreksi. Semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...