Release Installer Dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018A

Installer Dapodik Versi 2018a
Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI senantiasa melaksanakan pengembangan-pengembangan sistem pendataan data pokok pendidikan guna mengakomodir kebijakan-kebijakan stakeholder pendidikan. Setelah release aplikasi dapodik versi 2018 tanggal 4 Agustus 2017 yang lalu, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI kembali merelease Pembaharuan Aplikasi Dapodik ke versi yang terbaru. Tepat tanggal 13 Oktober 2017 yang kemudian Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI merelase aplikasi dapodik versi terbaru yakni aplikasi Dapodik versi 2018a dalam bentuk updater/patch dan installer.

Tujuan pembaharuan aplikasi dapodik 2018a yakni untuk penyempurnaan aplikasi dapodik dan mengakomodir dinamika perubahan struktur kurikulum Sekolah Menengah kejuruan 2013 revisi dan spectrum 2016. Di samping itu, perubahan-perubahan yang terdapat pada apliaksi dapodik versi 2018a ini ditujukan kepada semua satuan pendidikan yang mencakup aspek keamanan, kelengkapan rujukan kurikulum 2013, perbaikan bugs dan penambahan rule validasi.
Baca : Daftar Perubahan dan Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018a
Dengan dikeluarkannya aplikasi dapodik versi terbaru ini, diperlukan pihak sekolah segera mengupgrade dan mengupdate aplikasi dapodik yang sudah terinstal di laptop atau Personal Computer Desktop. Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan diperlukan menjalankan supervisi managerial dalam pengerjaan dan pengelolaan dapodik dan bertanggung jawab penuh atas validitas data dapodik yang dikirimkan ke sentra melalui prosedur sinkronisasi dapodik.

Aplikasi Dapodik yang terbaru ini disediakan dalam bentuk installer dan updater. Dengan demikian sekolah sanggup menentukan mana yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Installer Dapodik Versi 2018a dipakai hanya bagi sekolah yang sudah pernah melaksanakan sinkroniasi dapodik di semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 memakai versi sebelumnya. Makara kalau belum pernah sinkron dapodik, sangat dianjurkan untuk memakai updater patch dapodik 2018a.
Baca : Cara Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (Versi 2018a)
Jika memakai updater patch dapodik 2018a, maka tidak perlu melaksanakan install ulang aplikasi dapodik versi lawas yang masih terpasang di laptop. Namun jikalau memakai installer dapodik versi 2018a, maka aplikasi dapodik versi lawas yang terpasang di laptop harus di uninstall terlebih dahulu. Aplikasi dapodik versi terbaru (versi 2018a) sanggup diunduh melalui link di bawah ini

1. Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018a
2. Download Updater/Patch Aplikasi Dapodik Versi 2018a

Selain installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a, Dirjen Dikdasmen juga menyediakan panduan aplikasi dapodik versi 2018a. Alangkah lebih baik jikalau rekan-rekan operator membaca terlebih dahulu panduan aplikasi dapodik versi 2018a sebelum memperbaharui aplikasi dapodik. Sehingga rekan-rekan operator memahami fitur-fitur gres yang ada pada dapodik. Panduan aplikasi dapodik 2018a sanggup diunduh disini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...