Inilah Perbedaan Installer Dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018A

Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a

Tanggal 13 Oktober 2017 yang lalu, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI melalui Tim Dapodikdasmen secara resmi telah meluncurkan aplikasi dapodik versi 2018a. Aplikasi dapodik tersebut merupakan aplikasi terbaru yang wajib dipakai oleh para pengguna dapodik. Aplikasi Dapodik versi 2018a merupakan aplikasi gres untuk menggantikan aplikasi dapodik versi lawas yaitu aplikasi dapodik versi 2018.

Tujuan utama direleasenya aplikasi dapodik versi terbaru (versi 2018a) yakni untuk memperbaharui dan memperbaiki beberapa fitur dan sajian dalam aplikasi dapodik serta mengatasi beberapa macam bugs yang muncul pada aplikasi dapodik versi sebelumnya. Dengan direleasenya aplikasi dapodik versi 2018a ini menawarkan bahwa Tim Dapodikdasmen senantiasa berupaya untuk membuatkan dan meningkatkkan kinerja aplikasi dapodik sesuai dengan tuntutan dinamika perubahan semua stakeholder pendidikan.

Dalam pengumuman release aplikasi dapodik versi 2018a, Tim Dapodikdasmen memberikan bahwa aplikasi dapodik versi 2018a yang diluncurkan ada dua jenis, yaitu berupa installer dan updater/patch aplikasi dapodik versi 2018a. Pengguna dapodik diperlukan sanggup dengan bijak memakai salah satu jenis aplikasi dapodik versi 2018a tersebut sesuai dengan kondisi di lapangan.

Antara Installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a ini memiliki beberapa perbedaan yang perlu menerima perhatian dari rekan-rekan operator pengguna aplikasi dapodik. Beberapa perbedaan installer dan updater aplikasi dapodik 2018a yaitu

1. File Size (Ukuran File)
Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a memiliki file size yang berbeda. Installer Aplikasi Dapodik 2018a memiliki file size yang lebih besar daripada updater/patch aplikasi dapodik versi 2018a. Installer aplikasi dapodik 2018a memiliki ukuran file sebesar 59.242 kb atau setara dengan 59,2 MB. Sedangkan updater/patch aplikasi dapodik 2018a memiliki file size 29.924 kb (29,9 MB).

2. Proses Instal Aplikasi (Cara Instal Aplikasi)
Di samping perbedaan file size, installer dan updater aplikasi dapodik 2018a juga memiliki perbedaan dalam hal perlakukan dikala proses menginstal aplikasi. Untuk menginstal installer aplikasi dapodik 2018a maka aplikasi dapodik yang usang yang terpasang harus diuninstal terlebih dahulu. Jika aplikasi dapodik yang usang sudah dicopot dari laptop atau komputer, maka installer aplikasi dapodik 2018 gres boleh diinstal. Selain itu, pengguna komputer juga harus memastikan sudah pernah melaksanakan sinkronisasi data memakai aplikasi lawas sehingga ada database di server pusat. Sedangkan updater aplikasi dapodik 2018a tidak perlu menginstal aplikasi dapodik versi lawas yang terpasang di laptop atau komputer. Artinya, updater/patch aplikasi dapodik 2018a sanggup eksklusif diinstal.
Baca : Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi 2018a
3. Registrasi Pengguna
Perbedaan selanjutnya antara installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a yakni terletak pada perlu tidaknya pendaftaran pengguna dapodik. Jika memakai installer aplikasi dapodik 2018a maka sesudah berhasil menginstal aplikasi dapodik, pengguna diharuskan melaksanakan pendaftaran baik secara online maupun offline. Namun jikalau memakai updater/patch aplikasi dapodik versi 2018a maka pengguna tidak perlu melaksanakan pendaftaran sebab sudah sanggup eksklusif login dikala berhasil melaksanakan install aplikasi dapodik.
Baca : Cara Registrasi Aplikasi Dapodik secara Online dan Offline
Itulan beberapa perbedaan antara installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a yang perlu diketahui oleh rekan-rekan operator dapodik. Meskipun sepele, namun terkadang justru menciptakan gagal dikala melaksanakan install aplikasi dapodik versi 2018a.

Subscribe to receive free email updates:

loading...