Guru Wajib Tahu! Cara Gampang Mengecek Data Kehadiran Guru Secara Dapat Bangkit Diatas Kaki Sendiri Di Dhgtk.

Di awal tahun 2018 ini Dirjen GTK mewajibkan supaya sekolah mengisi daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan secara online melalui aplikasi online berbasis web. Oleh Karena itu sekolah harus secara rutin dan bersiklus mendata kehadiran guru di sekolah melalui aplikasi kehadiran online berbasis web yang sudah disiapkan oleh Dirjen GTK Kemendikbud RI.

Aplikasi kehadiran online berbasis web yang diberi nama DHGTK ini merupakan aplikasi kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang terintegrasi dengan dapodik. Kaprikornus secara otomatis guru dan tenaga kependidikan yang terdaftar di dapodik akan tampil pada data kehadiran guru dan tenaga kependidikan di DHGTK.
Baca : Cara Sukses Buat dan Setting Kalendar Sekolah di DHGTK
Namun guru tidak usah khawatir harus melaksanakan bolos secara berdikari sebab login DHGTK hanya sanggup dilakukan oleh kepala sekolah dan operator yang telah diberi kiprah oleh kepala sekolah untuk melaksanakan ketidakhadiran kehadiran guru dan tenaga kependidikan setiap hari. Kaprikornus mereka bersua berkewajiban untuk melaksanakan ketidakhadiran setiap hari secara rutin dan dihentikan terlewat bulan. Jika hingga lupa tidak melaksanakan ketidakhadiran dan ternyata sudah terlewat bulan, maka DHGTK bulan tersebut akan terkunci.

Dalam melaksanakan ketidakhadiran kehadiran guru dan tenaga kependidikan di DHGTK ini, operator yang sudah diberi kiprah harus secara cermat dalam mencentang kehadiran guru dan tenaga kependidikan. Operator harus mencentang kehadiran tersebut sesuai dengan data sebenarnya, tidak ada manipulasi data kehadiran. Jika memang yang bersangkutan tidak masuk sebab sesuatu hal ya isikan sesuai dengan fakta sebenarnya. Aplikasi kehadiran online DHGTK sudah mengakomodir ketidakhadiran guru sebab sakit, ijin dan dinas luar dengan melampirkan bukti ketidakhadiran atau surat ijin.

Guru dan tenaga kependidikan sanggup mengontrol isian centang kehadiran yang sudah di isi oleh kepala sekolah atau operator petugas absen. Dengan demikian apabila merasa ada ketidaksesuaian data kehadiran guru dengan yang gotong royong sanggup segera melapor untuk ditindak lanjuti.

Untuk mengontrol data kehadiran guru, sanggup mengecek secara berdikari dengan memakai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Namun bagi guru dan tenaga kependidikan yang belum memiliki NUPTK sanggup mengecek data kehadiran guru memakai Nomor Unik Kependudukan (NIK). Untuk cara mengecek data kehadiran guru sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan NUPTK atau NIK untuk kita isikan di textbox pada DHGTK
2. Akses ke web DHGTK di link berikut ini.

3. Ketikkan NUPTK atau NIK pada textbox pada hidangan Cek Data Kehadiran Guru.

4. Tekan enter untuk memulai pencarian data kehadiran guru dan tenaga kependidikan
5. Setelah proses pencarian selesai, maka akan muncul data identitas guru, data kehadiran guru dan tenaga kependidikan dan jumlah alpa, izin, sakit, libur, atau dinas luar.

Bagaimana, cukup gampang bukan cara mengecek dan mengetahui data kehadiran guru dan tenaga kependidikan secara mandiri. Hanya bermodal NUPTK/NIK dan jaringan internet, sudah sanggup mengetahui data kehadiran secara online. Dengan demikian diperlukan ada komunikasi dan kolaborasi yang baik antara guru dan tenaga kependidikan dengan petugas bolos kehadiran online DHGTK. Jika pada ketika kita cek tenyata ada tanggal yang belum tercentang, sanggup segera berkorodinasi dengan kepala sekolah dan operator sekolah. Selamat Mencoba! Sumber http://sidapodikdas.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

loading...