Dhgtk (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) : Tahun Gres Wajah Gres Sistem Baru!

DHGTK Versi 1.1 Tahun 2018
Direktorat Jenderal Guru dan Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud RI kembali berinovasi dengan sistem aplikasi yang dibuatnya untuk kepentingan guru dan tenaga kependidikan yang bersifat nasional adalah aplikasi kehadiran guru dan tenaga kependidikan online (DHGTK). Tahun 2017 kemarin, Dirjen GTK Kemendikbud RI telah merelase aplikasi kehadiran guru dan tenaga kependidikan secara online, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Di tahun gres 2018 ini sepertinya Dirjen GTK Kemendikbud RI mulai serius menjalankan dan memaksimalkan fungsi tujuan awal dibuatkan aplikasi kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang berbasis web tersebut. Memang sejatinya aplikasi berbasis web DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) dibentuk untuk menghitung jumlah kehadiran guru yang nantinya akan menjadi dasar pertimbangan pembayaran pemberian profesi guru. Tidak main-main ancamanya, jikalau tidak dikerjakan DHGTK ini makan jangan harap untuk mendapatkan pemberian profesi di tahun 2018 ini.

DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) merupakan aplikasi online berbasis web yang dibentuk secara khusus untuk mempercepat pembayaran pemberian profesi  guru atau sertifikasi. DHGTK ini mengambil database dari aplikasi dapodik sekolah alasannya aplikasi ini sudah terintegrasi dengan dapodik. Data sekolah, guru dan tenaga kependidikan diambil dari server dapodik termasuk juga data login penggunanya.

Pada DHGTK versi sebelumnya (versi tahun 2017), tampilan beranda cukup sederhana alasannya masih bersifat trial atau ujicoba. Namun pada DHGTK versi tahun 2018 (DHGTK Versi 1.1) ini mempunyai wajah dan sistem yang baru. Tampilan beranda DHGTK berisi banyak sekali isu yang cukup informatif. Pada beranda DHGTK Versi 1.1 tahun 2018 ini ada beberapa perubahan tampilan yang cukup mencolok sebagai berikut.

1. Uraian Singkat Tentang DHGTK
DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) versi 1.1 ini berisi isu singkat terkait fungsi dan tujuan DHGTK dan kaitannya dengan pembayaran pemberian profesi bagi guru. Dalam kolom tersebut juga disebutkan dengan beberapa dasar pembayaran pemberian profesi guru yaitu  Pasal 15 PP No 19 tahun 2017 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK ) No 50 tahun 2017 sebagai mana diubah dengan PMK 112/PMK.07/2017.

2. Menu Cek Data Kehadiran Guru
DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) versi 1.1 Tahun 2018 ini juga menyediakan hidangan bagi guru dan tenaga kependidikan untuk mengecek data kehadiran guru. Untuk sanggup mengetahui data kehadiran guru di DHGTK sanggup menggunakan NUPTK dan NIK pada textbox yang telah disediakan.
Baca : Guru Wajib Tahu! Cara Praktis Mengecek Data Kehadiran Guru Secara Mandiri di DHGTK
3. Menu Login Sekolah
Menu Login Sekolah pada DHGTK versi 1.1 tahun 2018 ini diperuntukkan bagi kepala sekolah dan operator atau petugas yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah untuk melaksanakan absensi  proses ketidakhadiran setiap hari. Login sekolah sanggup menggunakan akun kepala sekolah yang dientrikan pada aplikasi dapodik dan atau login operator menggunakan akun login dapodik.
Baca : Cara Sukses Buat dan Setting Kalendar Sekolah di DHGTK
4. Menu Login Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota
Ini merupakan hidangan gres dalam aplikasi DHGTK versi gres ini. Menu login Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota diperuntukkan bagi pengelola pemberian profesi dan pengeloa sim pemabayaran pemberian profesi. Hasil ketidakhadiran yang sudah diterbitkan SPTJM (Surat Pernyatan Tanggung Jawab Mutlak) sanggup di cetak dan di download oleh operator pemberian Kabupaten/Kota. Untuk sanggup masuk ke hidangan login ini sanggup menggunakan userid simtun dan simbar.

5. Link Validasi Data Guru pada Info GTK
DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) versi 1.1 ini juga menyediakan direct link untuk melihat dan mengetahui validasi data guru melalui Info GTK. Dengan adanta layanan gres ini tentu saja sangat memudahkan bagi operator dan guru untuk membiasakan diri melihat validasi data individu guru.

6. Menu Download Panduan Penggunaan DHGTK
DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) versi 1.1 ini juga menyediakan download link Panduan Penggunaan DHGTK bagi satuan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Selain hidangan download panduan tersebut juga disertakan uraian singkat ihwal fungsi dan peranan masing-masing pengguna aplikasi DHGTK.

Itulah wajah gres DHGTK (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan) di tahun 2018 ini. Semoha lebih memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi kehadiran tersebut. Untuk mengakses DHGKT Versi 1.1 Tahun 2018 sanggup mengikuti link berikut

DHGTK (Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan) 
Sumber http://sidapodikdas.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

loading...