Cara Sukses Kirim Pmp 2017

Cara Sukses Kirim PMP 2017

Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memperlihatkan batas waktu pengiriman PMP hingga tanggal 30 September 2017. Hingga dikala artikel ini ditulis, jumlah sekolah yang sudah mengirim data PMP melalui aplikasi PMP gres mencapai 99.582 sekolah dari jumlah sekolah keseluruhan yang menjadi sasaran 214.660 sekolah. Itu artinya progress pengiriman PMP secara nasional gres mencapai 46,4%. Masih ada sekitar 115.078 sekolah yang belum melaksanakan pengiriman data PMP. Padahal tiga hari lagi server pengiriman PMP akan ditutup. Oleh alasannya yaitu itu masing-masing sekolah diperlukan segera mengirim data PMP sebelum server ditutup.

Sebagaimana diketahui bahwa pengiriman data PMP dilakukan secara online melalui aplikasi PMP 2017. Saat ini aplikasi PMP yang dipakai yaitu aplikasi PMP versi 2.1. Karena pengiriman data PMP bersifat online maka koneksi jaringan internet menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dan kesuksesan pengiriman data PMP.

Untuk mengirim data PMP terlebih dahulu semua kuesioner bagi kepala sekolah, PTK, Peserta Didik, Komite Sekolah dan Pengawas harus sudah terisi dan terkonfirmasi semua sesuai dengan jumlah minimal yang ditentukan oleh sistem. Saat ini jumlah minimal responden yang diharuskan mengisi kuesioner yaitu 27 responden. Jika sudah terisi semua kuesioner 100% dan sudah terkonfirmasi semua balasan kuesioner PMP, maka proses pengiriman data PMP dapat dilakukan.
Untuk kiprah pengiriman data PMP menjadi tanggung jawab operator sekolah. Makara untuk mengirim data PMP dilakukan melalui hidangan login operator sekolah memakai username dan password dapodik. Bagi yang masih resah cara kirim PMP 2017 dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan laptop/komputer yang terpasang aplikasi PMP terkoneksi internet dengan jaringan yang stabil.
2. Login PMP sebagai operator sekolah (login memakai username dan password dapodik)


3. Klik tab verifikasi pada sidebar untuk memastikan semua responden mengisi semua balasan kuesioner PMP
4. Klik tab Kirim Data untuk memastikan semua responden yang mengisi kuesioner telah melaksanakan konfirmasi balasan kuesioner PMP


5. Klik tombol Kirim Data di pojok kiri bawah untuk mengirim data PMP (Tombol Kirim akan aktif kalau semua responden sudah melaksanakan konfirmasi/centang hijau)


6. Akan muncul jendela gres proses pengiriman PMP
7. Centang semua responden yang akan dikirim data kuesioner PMP nya
8. Klik Kirim Data Pengguna Terpilih. Jangan menutup jendela  proses pengiriman sebelum ada notifikasi selesai.

9. Tunggu hingga muncul notifikasi final pengiriman PMP


10. Selanjutnya cek di beranda pada log pengiriman sekolah, akan muncul notifikasi berhasil. Jika belum muncul refresh aplikasi.



Bagaimana, cukup gampang bukan cara sukses kirim PMP 2017. Untuk dapat tampil di progress pengiriman secara nasional membutuhkan waktu minimal 1x24 jam. Makara tidak usah gelisah kalau sesudah kirim, kemudian mengecek di server PMP ternyata masih tercatat belum kirim. Tunggu sampe 1 x 24 jam atau 2 x 24 Jam.

Subscribe to receive free email updates:

loading...