Cara Mengecek Progress Pengiriman Pmp

Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) periode tahun pelajaran 2017-2018 sudah memasukai masa simpulan pengitiman data PMP. Dirjen Dikdasmen hingga ketika ini masih memperlihatkan batas waktu pengiriman PMP hingga tanggal 30 September 2017. Itu artinya ketika artikel ini diposting, masih tersisa waktu tiga hari lagi. Apakah para pembaca sudah berhasil mengirim data PMP? Apakah sudah dinyatakan sudah diproses oleh sistem atau justru malah berada pada status Belum Kirim?

Rekan-rekan operator sekolah yang ditunjuk untuk mengelola pengerjaan PMP sebaiknya secara rutin perlu mengecek progress pengiriman PMP. Hal ini menjadi penting sebab terkadang status pengiriman pada beranda aplikasi PMP yang terpasang di laptop berbeda dengan status pengiriman pada progress nasional pengiriman PMP di portal resmi PMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.

Lalu bagaimana cara mengetahui berhasil tidak nya pengiriman data PMP kita? Kita dapat mengecek mellaui progress pengiriman PMP di web resmi PMP dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Sambungkan laptop/komputer dengan internet
2. Ketikkan alamat web PMP http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada address bar
3. Pilih dan Klik sajian Pengiriman lalu pilih Progress Pengiriman


4. Pilih Provinsi, Kota/Kabupaten lalu pilih nama Kecamatan


5. Akan muncul info status dan tanggal pengiirman data PMP masing-masing sekolah



Untuk detail pengiriman rapor mutu sekolah dapat dilakukan dengan cara klik pada nama sekolah. Selanjutnya akan muncul data pengiriman PMP dan mutu sekolah masing-masing. Namun hingga ketika artikel ini ditulis, data pengiriman PMP dan rapor mutu sekolah yang tercantum dalam detail sekolah masih berupa data tahun 2016.

Perlu diingat juga bahwa status pengiriman data PMP pada web PMP Dikdasmen merupakan data realtime dengan jeda pengambilan data secara normal 1 x 24 jam atau 2 x 24 jam. Artinya kalau operator melaksanakan pengiriman data pada hari ini maka akan tampil di progress selang 1 atau 2 hari berikutnya. Namun juka hingga beberapa hari tidak muncul di progress pengiriman nasional, berarti ada yang tidak beres ketika proses pengiriman PMP. Ingat yang termasuk dalam kategori Sudah Diproses di web PMP yakni status pengiriman Berhasil pada beranada aplikasi PMP. Namun kalau status di log pengiriman pada aplikasi PMP tertulis berhasil dicatat sistem, maka dipastikan data itu belum berhasil dikirim ke server. Sehingga pelu melaksanakan pengiriman PMP kembali hingga statusnya menjadi Berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

loading...