Cara Mengatasi Tampil Tahun 2017 Pada Login Ptk Aplikasi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (Dghtk)

dapodikblog.com (17/1/2018) - Sudah kita maklumi bersama bahwa aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) sudah resmi dipakai untuk menghitung kehadiran guru dan akan di tuangkan dalam juknis dukungan profesi. Setelah Kepala Sekolah atau petugas yang ditunjuk melaksanakan input ketidakhadiran maka guru dapat mengecek karenanya berupa data kehadirannya sendiri dengan login memakai NUPTK sebagai userid.

Ketika anda mencoba login PTK dengan memakai user id NUPTK untuk mengecek kondisi ketidakhadiran anda, mungkin anda akan menjumpai tampilan bulan dengan masih tahun 2017 menyerupai gambar di bawah ini.
 Sudah kita maklumi bersama bahwa aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan  Cara mengatasi tampil tahun 2017 pada login PTK aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DGHTK)
Memang bukan menjadi problem yang terlalu prinsip sih, alasannya yaitu ini hanya berfungsi untuk mengecek saja. Proses input data bolos online yang menawarkan angka kehadiran anda di dalam melaksanakan kiprah dengan beban kerja 37,5 jam perminggu merupakan otoritas Kepala Sekolah, sehingga hanya dapat diakses melalui user id Kepala Sekolah dan user id Operator Sekolah. Akan tetapi mungkin anda merasa sedikit terganggu, kadang rada khawatir juga jangan-jangan nanti akan menjadi problem pada penerbitan SKTP nya. 

Saya juga pernah mengalami hal serupa, sempat gundah dan bertanya-tanya jangan-jangan ini bug dari aplikasi itu sendiri. Akhirnya aku coba bertanya kepada salah seorang pengembang aplikasi ini yaitu Bp. Nazarudin Kompetan melalui media umum facebook. Jawaban dia cukup singkat tetapi pribadi dapat mengatasi masalah. Beliau menjawab: "Clear Cache".

Iya ... solusinya yaitu clear cache atau bersihkan cache browser yang anda gunakan sebelum melaksanakan pengecekan kehadiran melalui login PTK. Saya kira anda paham bagaimana caranya melalukan pencucian history, cache maupun cookie browser. Baik secara manual maupun memakai aplikasi pembersih semisal c-cleaner, Clean Master dan lain-lain. Tetapi ada baiknya aku paparkan sedikit mengenai cara pencucian cache browser secara manual kalau anda memakai mozilla firefox dan google chrome.

Jika anda memakai browser Mozilla Firefox, maka langkah-langkahnya yaitu :
  1. Klik sajian History kemudian klik Clear Recent History. Bisa juga memakai tombol  cepat yaitu dengan menekan secara bersamaan "Ctrl+Shift+del"
  2. Akan muncul kotak obrolan Clear All History
  3. Time range to clear pilih Everything
  4. Centang semua
  5. Klik tombol "clear now"
  6. Selesai
Jika anda memakai browser Google Chrome, maka langkah-langkahnya yaitu :
  1. Tekan tombol "Ctrl+H" secara bersamaan
  2. Pilih "Clear Browsing Data"
  3. Muncul kotak obrolan Clear Browsing Data
  4. Time range pilih "All time"
  5. Centang semua
  6. Klik tombol "Clear Data"
  7.  Selesai
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :
 Sudah kita maklumi bersama bahwa aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan  Cara mengatasi tampil tahun 2017 pada login PTK aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DGHTK)
Setelah anda melaksanakan clearing cache pada browser anda, coba cek data ketidakhadiran anda dengan memakai NUPTK sebagai user id. Maka tampilan yang tadinya Januari 2017 akan menjelma Januari 2018. Selamat mencoba... agar bermanfaat.
Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...