Kemdikbud Resmi Merilis Aplikasi Monitoring Praktis Pip Jenjang Smp

Dapodikblog.com
Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) ialah pemberian pertolongan tunai pendidikan kepada anak usia sekolahsekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), penerima Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban tragedi alam/musibah. 

PIP merupakan bab dari penyempurnaan aktivitas Bantuan Siswa Miskin (BSM). PIP dirancang untuk membantu bawah umur usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapat layanan pendidikan hingga tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). 

Melalui aktivitas ini pemerintah berupaya mencegah penerima latih dari kemungkinan putus sekolah, dan diperlukan sanggup menarik siswa putus sekolah biar kembali melanjutkan pendidikannya. 

PIP juga diperlukan sanggup meringankan biaya personal pendidikan penerima didik, baik biaya eksklusif maupun tidak langsung. Besaran jumlah pertolongan PIP berbeda-beda untuk tiap jenjang sekolah. Berikut daftarnya:
  1. Peserta latih SD/MI/Paket A mendapat Rp450.000,-/tahun; 
  2. Peserta latih SMP/MTs/Paket B mendapat Rp750.000,-/tahun; 
  3. Peserta latih SMA/SMK/MA/Paket C mendapat Rp1.000.000,-/tahun. 
Detil jumlah untuk kelas tamat di setiap jenjang sanggup dibaca di Petunjuk pelaksanaan PIP Kemendikbud Tahun 2017.

Khusus jenjang SMP, untuk mempercepat aktivasi SimPel PIP di BRI oleh sekolah, pihak Kemdikbud baru-baru ini sudah menyiapkan aplikasi sehingga sekolah sanggup dengan gampang melaksanakan monitoring pencairan PIP Sekolah Menengah Pertama dengan mengakses laman sekolah.sipintar.web.id.

Adapun cara melaksanakan login cukup dengan memasukkan NPSN sebagai username dan Kode Registrasi Sekolah sebagai password-nya.

Mudah-mudahan dengan hadirnya aplikasi monitoring SimPel PIP ini akan mempercepat realisasi penyaluran biaya pertolongan ke siswa Anda dan benar-benar sempurna sasaran. Semoga bermanfaat!

Sumber https://inulwara.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

loading...