Cara Memperbaiki Data Sk Ijin Operasional Sekolah Di Dapodik

Perbaikan SK Ijin Operasional di Verval SP
Sejak direlease secara resmi pada tahun 2012, aplikasi dapodik menjadi satu-satunya aplikasi resmi yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pengelolaan data pokok pendidikan. Selama lebih dari 5 tahun penggunaan aplikasi dapodik di tingkat TK/Paud, SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA/SMK, Dapodik telah bisa menghasilkan banyak sekali data pokok pendidikan yang bermanfaat untuk banyak sekali perumusan kebijakan bidang pendidikan. Data pokok pendidikan itu mencakup data sekolah, akseptor didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah serta data pembelajaran. 

Data dari sistem pendataan dapodik tersebut digunakan oleh aktivitas utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ibarat BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB dan Program Lainnya. Oleh alasannya ialah itu, semua data pokok pendidikan yang ada dalam aplikasi dapaodik haruslah benar-benar valid dan sanggup dipertanggungjawabkan. 

Salah satu data pokok pendidikan yang perlu menerima perhatian ialah data SK Ijin Operasional yang dimiliki oleh sekolah. Sekolah perlu menginput data SK Ijin Operasional Sekolah ke dalam aplikasi dapodik yaitu berupa data Nomor dan Tanggal SK Ijin Operasional. Pada awal kemunculan dapodik, data ini bisa eksklusif diinputkan di aplikasi. Namun seiring dengan pembaharuan aplikasi dapodik, data SK Ijin Operasional hanya bisa dientrikan atau diperbaiki melalui halaman Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan. 

Bagi sekolah yang belum memiliki SK Ijin Operasional Sekolah dari Dinas Pendidikan setempat sanggup mengajukan SK Ijin Operasional. Contoh SK Ijin Operasional sanggup dilihat di sini. Untuk menginput atau memperbaiki data SK Ijin Operasional Sekolah sanggup mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 
  1. Siapkan scan SK Ijin Operasional Sekolah (file pdf, max size 1 MB)
  2. Login ke halaman Verval SP di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id memakai username dan password aplikasi dapodik.
  3. Klik Menu pada pojok kiri atas halaman website Verval SP
  4. Pilih dan klik sub sajian Pengelolaan kemudian pilih dan klik Perbaikan Data
  5. Isikan data SK Ijin Operasional Sekolah yang memuat Nomor dan Tanggal SK.
  6. Upload scan SK Ijin Operasional sekolah pada field yang disediakan.
  7. Klik simpan dan tunggu approval dari admin Verval SP

Begitu anjuran perbaikan data SK Ijin Operasional sekolah sudah di approve oleh admin, segera sinkronkan aplikasi dapodik supaya perubahan data SK Ijin Operasional sekolah bisa turun ke lokal dapodik. Hasil perbaikan data SK Ijin Operasional sekolah akan muncul di sajian identitas sekolah. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

loading...