Cara Memperbaiki Data Legalisasi Sekolah Di Aplikasi Dapodik

Perbaikan Data Akreditasi Sekolah
Sebagaimana sudah diketahui bersama di kalangan pendidikan bahwa aplikasi dapodik merupakan aplikasi resmi pemerintah yang berisi wacana data pokok pendidikan. Semua data pokok pendidikan mencakup data sekolah, penerima didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dan pembelajaran semua bersumber dari aplikasi Dapodik. 

Semua data pokok pendidikan ini terintegrasi satu sama lain dalam jaringan Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Data pokok pendidikan yang bersumber dari Dapodik ini dipakai oleh pemangku kepentingan dalam merumuskan setiap kebijakan bidang pendidikan dan kebudayaan. 

Salah satu data pokok pendidikan yang ada dalam aplikasi dapodik ialah data sekolah yang memuat identitas sekolah dan data rinci sekolah. Jika terjadi perubahan data, beberada data sekolah sanggup pribadi diperbaikai dan diupdate di aplikasi secara langsung. Namun ada juga yang harus melewati halaman verifikasi dan validasi satuan pendidikan (Verval SP). Salah satu data rinci pada data sekolah yang perlu diperbaharui ialah data pengukuhan sekolah yang berada pada data rinci sekolah. Perbaikan data atau update data pengukuhan sekolah dilakukan jikalau satuan pendidikan telah memperoleh akta pengukuhan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Perbaikan data pengukuhan sekolah merupakan salah satu perbaikan data sekolah yang harus melalui proses verifikasi dan valiadasi dari admin Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Perbaikannya melalui halaman Verval SP. Adapau cara memperbaiki data pengukuhan sekolah di aplikasi dapodik sanggup dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini. 
  1. Siapkan scan akta pengukuhan pada halaman muka dan belakang (file pdf, max size 1MB)
  2. Login ke halaman Verval SP di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id memakai username dan password aplikasi dapodik.
  3. Klik Menu pada pojok kiri atas halaman website Verval SP
  4. Pilih dan klik sub hidangan Pengelolaan kemudian pilih dan klik Perbaikan Akreditasi
  5. Isikan data pengukuhan menurut data yang ada di akta pengukuhan sekolah yang memuat nilai setiap standar, tahun pengukuhan dan nilai pengukuhan dalam bentuk angka dan huruf.
  6. Upload scan akta pengukuhan sekolah pada field yang disediakan.
  7. Klik simpan dan tunggu approval dari admin Verval SP

Begitu proposal perbaikan data pengukuhan sekolah sudah di approve oleh admin, segera sinkronkan aplikasi dapodik biar perubahan data pengukuhan sekolah sanggup turun ke lokal dapodik. Hasil perbaikan data pengukuhan sekolah akan muncul di hidangan data rinci sekolah pada tab akreditasi. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

loading...