Banjir Rob Diantara Supermoon, Siklon Cempaka Dan Siklon Dahlia

dapodikblog.com (4/12/2017) - Belum usang ini wilayah selatan Kabupaten Lombok Timur terutama Kecamatan Keruak dan Jerowaru ditimpa petaka banjir bandang akhir curah hujan yang sangat tinggi.

Pada ahad 03 Desember 2017 Pukul 19.30 wita kembali wilayah tersebut ditimpa petaka berupa banjir ROB (air maritim pasang). Daerah-daerah yang terkena dampak banjir ROB tersebut mencakup Desa Ekas buana, Desa Batu Nampar selatan kec. Jerowaru, Dusun Poton Bako, Telaga Bagek Desa Ketapang Raya, desa Tanjung luar kec keruak dan beberapa wilayah pantai sekitarnya. Bagi rumah-rumah yang berada di erat laut, air maritim hingga masuk ke dalam rumah warga dengan kedalaman berkisar satu meter. 
 Belum usang ini wilayah selatan Kabupaten Lombok Timur terutama Kecamatan Keruak dan Jerow BANJIR ROB DIANTARA SUPERMOON, SIKLON CEMPAKA DAN SIKLON DAHLIA
Banjir ROB di wilayah pesisir selatan Lombok Timur (3/12/2017)
Sumber foto : Facebook

Menurut Wikipedia Rob(bahasa jawa) yaitu banjir air maritim atau naiknya permukaan air laut. Rob yaitu banjir yang diakibatkan oleh air maritim yang pasang yang menggenangi daratan, merupakan permasalahan yang terjadi di kawasan yang lebih rendah dari muka air laut. 

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya banjir rob, diantaranya 

Pemanasan global (Global Warming)

Global warming mengakibatkan suhu di permukaan bumi meningkat secara signifikan. Hal ini menjadikan es di kawasan kutub akan mencair yang mengakibatkan volume air maritim semakin besar dan karenanya ketinggian permukaan air maritim meningkat (fenomena ini disebut dengan fenomena sea level rise) mengakibatkan terjadinya banjir ROB.

Keadaan topografi suatu wilayah

Topografi secara ilmiah artinya yaitu studi perihal bentuk permukaan bumi dan objek lain ibarat planet, satelit alami (bulan dan sebagainya), dan asteroid. Beberapa kawasan di pesisir pantai banyak mempunyai topografi yang lebih rendah dari permukaan laut. Daerah-daerah ibarat ini cenderung rawan terkena banjir ROB.

Adanya fenomena penurunan muka tanah

Pemanfaatan air tanah secara hiperbola dan faktor pergeseran lapisan bumi, pembangunan infrastruktur yang membabi buta yang membebani tanah sering mengakibatkan permukaan tanah menurun, bahkan tidak jarang menjadi amblas. Fenomena penurunan permukaan tanah ini akan mengakibatkan lautan menjadi lebih tinggi dari permukaan tanah sehingga rawan terkena banjir ROB.

Fenomena Supermoon, siklon cempaka dan siklon dahlia

Dilansir Tribun News Fenomena Supermoon yang mencapai puncaknya pada ahad malam, sempurna pada malam tragedi bisa jadi mengakibatkan terjadinya banjir ROB ini. Supermoon (bulan super) gotong royong merupakan istilah penggambaran keadaan bulan penuh ketika berada dalam titik terdekat dengan Bumi. Seiring Bulan mengelilingi Bumi setiap bulan, ada satu titik di setiap siklus di mana Bulan berada pada jarak paling erat (perigee) dan paling jauh (apogee).

Seperti diketahui bahwa gaya gravitasi bulan bisa menarik permukaan air maritim sehingga mengakibatkan terjadinya fenomena pasang surut air laut. Pada ketika terjadinya supermoon, jarak antara bumi dengan bulan lebih erat dari biasanya, tentu saja efek gaya gravitasinya lebih besar sehingga menarik permukaan maritim menjadi lebih tinggi.

Begitu pula baru-baru ini terjadi Siklon tropis Cempaka dan Dahlia yang menerjang sejumlah wilayah Indonesia. Siklon tropis Cempaka diduga menjadi penyebab banjir di wilayah Yogyakarta dan Pacitan. Sementara Siklon tropis Cempaka berdampak peningkatan hujan lebat, gelombang tinggi, angin kencang, maupun potensi kilat atau petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Thomas Djamaluddin mengatakan, fenomena Supermoon sendiri akan menambah gaya pasang surut bulan yang berdampak pasang maksimal pada air laut. Bila ditambah dengan gelombang tinggi akhir cuaca buruk, potensi gelombang pasang (rob) lebih jauh ke daratan. (www.sains.kompas.com).

Kaprikornus kemungkingan banjir ROB yang terjadi di wilayah pesisir selatan Lombok Timur kemungkinan disebabkan oleh adanya fenomena alam siklon tropis cempaka dan dahlia serta Supermoon. 
Wallohu'alam...

Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...