Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017

Latar Belakang

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada akseptor didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi cowok pembela tanah air dan Pembina jiwa serta semangat para cowok pelajar.

Undang-undang No.14 tahun 2005 perihal Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru yakni pendidik professional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi akseptor didik pada pendidikan anak usia dini baik jalur pendidikan formal maupun non formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu factor strategis dalam memilih keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi akseptor didik untuk masa depan bangsa. 
 Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat memilih PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2017
Sumber foto : Facebook
Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 78 tahun 1994, memutuskan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memperlihatkan aneka macam apresiasi terhadap pengabdian guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut yakni dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional tahun 2017.

Tujuan, Sasaran dan Tema

Tujuan :

  1. Meningkatkan kiprah strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Meneladani semangat dan pengabdian guru sebagai pendidik professional dan bermartabat
  3. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan kiprah strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun aksara bangsa.

Sasaran 

Semua pegawai di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pegawai di lingkungan pemerintah daerah, perwakilan Indonesia di luar negeri, Unit Pelaksana Teknis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya, para siswa di satuan pendidikan seluruh Indonesia baik di lingkungan pelatihan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama, serta siswa di satuan pendidikan di luar negeri.

Tema

Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun 2017 yakni “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru.”

Upacara Bendera

Waktu dan Tempat Upacara

Upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional tahun 2017 dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2017 atau hari kerja setelahnya. Sedangkan waktunya yakni pukul 07.30- simpulan (menyesuaikan kebiasaan setempat)

Ketentuan Upacara Bendera

Pada panduan ini diatur ketentuan upacara bendera pada Kantor Pusat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Pusat Kementrian Agama, Luar Negeri, Daerah, Unit Pelaksana Teknis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Sekolah/Madrasah. Akan tetapi pada goresan pena ini kami akan sampaian ketentuan upacara bendera yang di laksanakan di sekolah/madrasah, yaitu antara lain :
  1. Tempat upacara di halaman sekolah atau tempat lain yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah/madrasah.
  2. Pembina Upacara kepala sekolah
  3. Waktu upacara pada jam masuk sekolah
  4. Peserta upacara
    - Para guru dan akseptor didik
    - Pegawai di lingkungan sekolah
  5. Pakaian upacara
    - Guru : seragam guru
    - Siswa : seragam sekolah
    - Tenaga kependidikan : Seragam Korpri

Susunan acara 

  1. Pembina upacara memasuki lapangan upacara
  2. Penghormatan kepada Pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara
  3. Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Pembina upacara
  6. Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh akseptor upacara
  7. Pembacaan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  8. Pemberian Penghargaan-penghargaan (jika ada)
  9. Menyanyikan lagu “Hymne guru”
  10. Amanat Pembina upacara (membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)
  11. Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”
  12. Pembacaan do’a
  13. Laporan Pemimpin upacara kepada Pembina upacara
  14. Penghormatan kepada Pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara
  15. Pembina upacara meninggalkan tempat upacara
  16. Upacara selesai, barisan dibubarkan

Pembiayaan

Biaya penyelenggaraan Upacara Bendera peringatan Hari Guru Nasional tahun 2017 dibebankan pada anggaran instansi masing-masing 

Lain-lain

Pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan hari Guru Nasional tahun 2017 ini lebih bersifat informative dan umum. Dalam rangka menyemarakkan dan memeriahkan hari Guru Nasional tahun 2017, unit kerja, Instansi / lembaga, organiasasi/asosiasi guru, serta masyarakat diperkenankan menyelenggarakan seminar, talkshow, ziarah ke makam jagoan dan kegiatan lainnya yang bernuansa apresiasi terhadap guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kemampuan dan pinjaman dana masing-masing instansi.


Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...