Kemdikbud Resmi Membuka Aktivitas Ppg Lewat Aplikasi Simgpo-Pkb Tahun 2017

Dapodikblog.com
Kemdikbud secara resmi membuka kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) lewat aplikasi SIMGPO-PKB di tahun 2017 ini. Tidak semua guru mendapat permintaan ini, hanya guru dengan kualifikasi tertentu yang menerimanya. Guru yang mendapatkan permintaan PPG ini juga tidak secara eksplisit diwajibkan, melainkan bagi mereka yang "bersedia" saja yang akan mengikutinya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kegiatan pendidikan profesi guru (PPG) yaitu cuilan dari kegiatan pemerintah dalam menuntaskan kegiatan Sertifikasi Guru. Diperkirakan, kegiatan Sertifikasi Guru dari jalur portofolio maupun PLPG akan dihilangkan untuk tahun-tahun ke depan. Mengingat, PPG ini sebelumnya sudah akan diterapkan pada tahun 2016 silam, namun sebab masih terdapat banyak hambatan termasuk kesiapan sarana dan prasarana pendukung, alhasil kegiatan ini diurungkan dan kembali memakai jalur portofolio maupun PLPG.

Dengan diwajibkannya setiap guru untuk mempunyai akun SIMGPO-PKB, tentunya merupakan langkah efektif dari pemerintah untuk kembali membuka kegiatan Sertifikasi Guru lewat jalur PPG. Hal itu diperkuat dengan diterbitkannya surat dari Dirjen GTK dengan nomor 32110/B.B4/GT/2017 tertanggal 31 Oktober 2017 perihal Pendataan Calon Peserta Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-DJ).

Berdasarkan surat tersebut, pelaksanaan PPG merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2017 perihal Perubahan Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 perihal Guru pasal 66 ayat (1) yang menyatakan bahwa bagi guru dalam jabatan yang diangkat hingga dengan simpulan tahun 2015 dan sudah mempunyai kualifikasi S-1/D-IV tetapi belum memperoleh Sertifikat Pendidik sanggup memperoleh akta pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Dalam surat tersebut juga disampaikan petunjuk teknis (juknis) perihal penjaringan calon penerima kegiatan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan, antara lain:
  1. Guru calon penerima PPG yaitu guru yang sudah berkualifikasi S-1/D-IV;
  2. Data calon penerima diambil dari aplikasi Dapodik pertanggal 31 Juli 2017 yang selanjutnya dimasukkan ke dalam aplikasi pendataan calon penerima PPG Dalam Jabatan;
  3. Guru melaksanakan konfirmasi "kesediaan" sebagai calon penerima dalam aplikasi simpkb memakai akun individu masing-masing dan mengunggah (scan) ijazah orisinil S-1/D-IV;
  4. Guru harus memutuskan bidang studi yang linier dengan ijazahnya untuk mengikuti kegiatan PPG ini;
  5. Pendataan calon penerima PPG ini mulai tanggal 1 hingga 20 November 2017.
Jadi, pastikan hal-hal di atas untuk menjadi perhatian Anda. Biasanya, permintaan untuk mengikuti kegiatan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-DJ) akan secara otomatis muncul ketika Anda login di akun simpkb Anda. Ini mengambarkan bahwa data Anda telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Silakan berkordinasi dengan disdik daerah Anda bekerja. Semoga betmanfaat!

Sumber https://inulwara.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

loading...