panduan lengkap pelaksanaan dapodik 2018

panduan lengkap pelaksanaan dapodik 2018
panduan lengkap pelaksanaan dapodik 2018

salam satu data,
setelah menunggu dengan gelisah alhasil tim administrasi dapodik kemdikbud merilis dapodik versi terbarunya yakni dapodik versi 2018. setelah merampungkan  kala pengujian atau testing, tim administrasi dapodikdasmen kemdikbud telah resmi meluncurkan pelaksanaan yang sudah seperti pasangan tak terpisahkan buat operator sekolah yang satu ini. akhir gres maka diperlukan manual panduan pelaksanaan dapodik 2018.

pada pelaksanaan terbaru ini, terdapat kira-kira hal yang harus menjadi perhatian. meskipun dengan cara tampilan dan navigasi pelaksanaan dapodik versi 2018 didesain sama dengan pelaksanaan generasi sebelumnya. hal ini bertujuan memudahkan proses penginputan data di satuan pendidikan. dari segi tampilan hal yang tampak berbeda merupakan konfigurasi rona yang berbeda di login dan registrsi sehingga memberi kesan berlebihan segar.

dari hepotenusa system, pelaksanaan dapodik 2018 dirancang  buat bisa menghasilkan kualitas data yang berlebihan baik. struktur database telah mendapati pembaruan sinkron dengan kebutuhan pemanfaatan data. dengan ditanamkannya  anggaran validasi  yang gres  diperlukan bisa mengurangi kekeliruan penginputan data serta bisa  melonjakkan kebenaran dan kelengkapan data.

aplikasi dapodik 2018 bersifat installer, artinya pelaksanaan dapodik versi sebelumnya yakni dapodik 2017c tak bisa di upgrade ke dapodik 2018, melainkan wajib menjalankan install ulang pelaksanaan dapodik 2017.

pembaruan yang paling menonjol dari pelaksanaan dapodik 2018 merupakan dikembangkannya fitur gres ialah "jadwal dan ekstrakurikuler". menu ini terbilang gres hadir di pelaksanaan yang gres aja di rilis lepas 4 agustur 2018.

sebelum menjalankan instalasi dapodik 2018 ada baiknya diperhatikan hal-hal berikut ini.
pertama, pastikan laptop yang adan digunakan terbebas dari masalah, indah itu gangguan yang dikarenakan akhir virus, malware ataupun gangguan lainnya.

kedua, untuk yang laptopnya gres dilakukan install ulang harap kembali dipastikan bahwa settingan waktu sudah sinkron dengan waktu indonesia dengan memilih zona waktu utc+07:00 bangkok, hanoi, jakarta.

ketiga, bila terpasang deep freeze maka wajib dinonaktifkan terlebih dahulu.

keempat, disarankan buat menonaktifkan firewall bila ingin memakai entri data dengan memakai jaringan dan juga direkomendasikan buat menonaktifkan dan atau menghapus antivirus avast, avira, symantec, antivir dan memakai antivirus windows defender atau microsoft essentials. ini bersifat opsional, untuk yang pelaksanaan dapodiknya tak berjalan sebagaimana seharusnya sebaiknya mengikuti rekomendasi ini.

setelah laptop siap, maka selanjutnya tinggal mengunduh pelaksanaan dapodik 2018 dan menjalankan generate prefill gres (jangan memakai prefill kadaluarsa dan pastikan saat mengunduh prefill ukurannya tak 0 kb) dan lakukan proses install dapodik 2018 seperti biasa.

daftar perubahan di dapodik cebelumnya (dapodik 2017)

1. pembaruan
penambahan atribut terima fisik kartu (kip) di entitas pd
penambahan fitur peran pd bisa login ke pelaksanaan dapodikdasmen
penambahan fitur peran gtk bisa login ke pelaksanaan dapodikdasmen
penambahan kolom gres sekolah asal di registrasi kandidat didik
penambahan jjm yang diakui di peran pelengkap pembina pramuka sebanyak 2 jam

penambahan anggaran validasi buat memperketat kewajaran dan kelengkapan data di gtk
penambahan persetujuan oleh kepala sekolah di saat hendak menjalankan sinkronisasi
penambahan fitur salin wahana dan buku/alat hanya buat prasarana yang telah hapus buku
penambahan pemicu/trigger buat mengecek riwayat ertifikasi dan riwayat pendidikan formal di saat penambahan kompetensi di rincian gtk
penambahan unduhan profil detail tertentu buat smk

penambahan menu gres validasi pusat yang bermanfaat buat merangkum semua data yang dianggap bermasalah oleh pusat
pemisahan antara gtk (tendik)
penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse di kolom pilihan mata pelajaran di pembelajaran
penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse di kolom pilihan kurikulum di rombongan belajar

pengaktifan atribut data pd berupa nisn / nama / lepas lahir / nama ibu kandung di entitas data pd bila status validasi di vervalpd (pdspk) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
pengaktifan atribut data gtk berupa nuptk / nama gtk / lepas lahir / nama ibu kandung di entitas gtk bila status validasi di vervalptk dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
penambahan surat keterangan kepercayaan kepada yang kuasa yme dan perubahan label menjadai agama dan kepercayaan.
validasi buat nik pd, ibu, ayah, wali di entitas data pd dengan memakai vtype number only

2. perbaikan
validasi buat nama pd, ibu kandung, ayah, wali di entitas data pd dengan memakai vtype namaspecialchar
validasi buat nama dan nama ibu kandung di entitas data gtk dengan memakai vtype namaspecialchar
perbaikan label riwayat pekerjaan menjadi riwayatkarir guru di rincian gtk dan settingan pengisian hanya buat guru

perbaikan bugs security di aplikasi
perbaikan di formulir sekolah
perbaikan di formulir gtk
perbaikan di formulir kandidat didik
perbaikan bugs saat mengganti foto profil operator sekolah
perbaikan bugs di kurikulum slb

daftar perubahan penting di dapodik 2018

penambahan menu jadwal pelajaran
jadwal pembelajaran di pelaksanaan dapodik 2018 mencakup pemetaan jumlah jam mengajar guru di kelas sinkron dengan hari ataupun urutan jam pembelajaran diselenggarakan. buat berlebihan jelasnya silakan baca cara mudah mengisi jadwal pelajaran dapodik 2018.

penambahan kolom anak ke-berapa di data kandidat didik
pengisian kolom anak ke-berapa ini mengacu / berlandaskan urutan di kartu keluarga

isian dengan cara otomatis buat wahana yang berada dalam prasarana jenis ruang kelas/teori
sarana yang  seharusnya  tersedia di pelaksanaan dapodik ditandai dengan rona merah di tabel sarana. buat mengisi data wahana tersebut lakukan langkah sebagai berikut: pilih simpan, maka semua wahana yang berwarna merah hendak tersimpan.

isi data jumlah dan kelaikan wahana bila terdapat wahana yang belum dimiliki, hapus data wahana tersebut, maka wahana tersebut hendak kembali ditandai merah. hal ini menawarkan bahwa wahana tersebut seharusnya tersedia namun belum dimiliki oleh sekolah.

penambahan tombol di blockgrant buat pemetaan dengan prasarana
pada pelaksanaan dapodik versi 2018 operator sekolah bisa menjalankan mapping penggunaan dana blokcgrant buat prasarana, bila isian mapping di lakukan di menu isian blockgrant operator tak harus menjalankan pengisian kembal i di sarpras dihasi lkan blockgrant

penambahan sheet gres buat rekap jadwal di unduhan profil sekolah
aplikasi dapodikdasmen memfasilitasi sekolah yang ingin melihat hasil input data dapodik dalam bentuk profil yang bisa diunduh di pelaksanaan dapodik dengan cara offline. di pelaksanaan dapodik versi 2018 terdapat penambahan sheet gres yakni rekap jadwal hasil pengerjaan pelaksanaan dapodik.

penambahan surat keterangan pengurus komite sekolah
pada data rinci sekolah jenis satuah peran di kepanitian sekolah terdapat surat keterangan buat mengisi data komite sekolah yang tergabung dalam kepanitiaan sekolah. menu kepanitiaan sekolah di dalamnya mencakup data komite sekolah dan juga data penyelenggara sekolah aman.

penambahan surat keterangan kepala sekolah menjadi peran utama
berdasarkan peraturan pemerintah (pp) no. 19 tahun 2017, mulai awal tahun anutan gres 2017/2018 kepala sekolah mempunyai  beban kerja sepenuhnya buat melakukan peran manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan pengawasan kepada guru dan tenaga kependidikan.

maka, di pelaksanaan dapodik terbaru versi 2018 mengakomodir hal tersebut dengan adanya jenis ptk kepala sekolah.

penambahan surat keterangan ukg buat data rincian nilai/test di ptk
penambahan surat keterangan ukg di nilai test buat guru yang mengikuti uji kompetensi guru. surat keterangan ini ditambahkan  buat mengakomodir kelengkapan data guru dalam proses pemanfaatan data di direktorat teknis.

penambahan surat keterangan jenis rombel ekstrakurikuler di menu rombongan belajar
pada pelaksanaan versi 2018 ini menu rombongan mencar ilmu dikotomi menjadi dua ialah jenis rombel regular dan jenis rombel ekstrakurikuler. hal ini dilakukan buat memudahkan dalam pengisian rombel regular dan ekskul.

penambahan tabulasi rincian ekstrakurikuler di menu sekolah
dengan terakomodirnya mata pelajaran dan program ekstrakurikuler di tabel rombongan belajar, maka pengisian ini juga ditambahkan di menu rincian sekolah buat mengelompokan jenis ekstrakurikuler yang terdaftar di sekolah berlandaskan rombel rekskul yang sudah ditambahkan.

perubahan tampilan di menu kandidat didik
jika yatim dan atau piatu maka baris data hendak berwarna. pembaruan ini dibuat buat memudahkan dalam mencari kandidat didik yang mempunyai kriteria tertentu yaitu: kandidat didik yang tinggal di panti asuhan atau kandidat didik yatim piatu yang ayah dan atau ibunya sudah meninggal (diisi di kolom pekerjaan ayah atau ibu)

penambahan validasi bila terdeteksi guru yang mengajar ganda di jadwal
validasi buat mendeteksi guru yang mengajar di jadwal yang sama di rombongan mencar ilmu yang berbeda di jadwal mengajar.

penambahan validasi saat masih ada pembelajaran yang belum dipetakan ke dalam jadwal.
akumulasi jam yang belum dipetakan dalam jadwal mengajar hendak kena  validasi dengan cara otomatis di pelaksanaan dapodik. dimaksudkan buat mengingatkan terdapat disparitas antara jam yang di input di pembelajaran dengan data maping jadwal mengajar.

pengisian data di no rekeing untuk kandidat didik pemegang kip oleh pusat
isian di no rekening untuk kandidat didik yang mempunyai kip, dilakukan oleh tim pusat berlandaskan data pemegang kip di sekolah.

selain perubahan dan pembaruan di atas juga terdapat pembaruan minor lainnya yang bisa di dengan cara berlebihan rinci dipahami di arsip panduan dapodik 2018 berbentuk pdf di tautan di bawah. bila kita operator sekolah mungkin tertarik buat membaca panduan pengisian kerusakan bangunan versi dapodik dan panduan pengisian data sanitasi sekolah versi dapodik.

Instaler Dapodik

Subscribe to receive free email updates:

loading...