Juknis Bantuan Alat Permainan Edukasi PAUD Tahun 2016

Dapodik |

Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Alat Permainan Edukasi PAUD ini kami bagikan untuk mempermudah rekan-rekan guru TK/PAUD. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut , yang diselenggarakan pada jalur formal , nonformal , dan informal. Sebagian besar waktu di sekolah dihabiskan siswa dengan bermain yang disispi sisi edukasi atau mendidik oleh para tenaga pendidik atau guru. Seperti hakekatnya belum dewasa , para siswa selalu haus akan permainan , selalu ingin mengenal dan mencoba hal baru. Hal ini mengharuskan para pendidikan berpikir kreatif menyiapkan alat permainan yang tentunya bervariasi dan mengandung unsur edukasi atau pendidikan jikalau tidak para siswa akan merasa bosan dan tidak bersemangat bahkan malas pergi sekolah. Namun beberapa sekolah kurang bisa menyediakan alat permainan edukasi yang beragam.


Salah satu solusi dalam duduk perkara ini yakni mengaukan proposal derma alat permainan edukasi kepada pihak pemerintahan atau lembaga pendidikan yang berwenang. Namun untuk melaksanakan hal ini perlu melewati beberapa proses dan tahap yang terkadang kurang dipahami oleh pihak sekolah dan enggan mengajukannya.

gambar Juknis terbaru Bantuan Alat Permainan Edukasi PAUD

Juknis Bantuan Alat Permainan Edukasi PAUD

Kali ini kami bagikan Draft petunjuk teknis derma alat permainan edukasi PAUD yang mungkin bapak dan ibu guru butuhkan dan bisa digunakan untuk pengajuan derma alat permainan edukasi sekolah PAUD. Semoga bermanfaat

1. APE PAUD yakni segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan bermain anak usia dini , yang mengandung nilai pendidikan dan dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

2. Bantuan APE PAUD yang dimaksudkan dalam juknis ini yakni derma yang diberikan kepada Lembaga atau Satuan PAUD untuk melengkapi alat permainan edukatif dalam ruangan (APE Indoor) untuk meningkatkan mutu layanan PAUD.

D.TUJUAN

1. Tujuan Petunjuk Teknis

a. Sebagai pola bagi Direktorat Pembinaan PAUD dan Dinas Pendidikan Provinsi dalam menetapkan dan menyalurkan Bantuan APE PAUD Tahun 2016;

b. Sebagai pola bagi Dinas Pendidikan setempat dalam menunjukkan rekomendasi;

c. Sebagai pola bagi lembaga PAUD yang akan mengajukan Bantuan APE PAUD Tahun 2016.

2. Tujuan Pemberian Bantuan

a. Mendukung Lembaga atau Satuan PAUD dalam penyediaan APE yang sesuai dengan standar yang berlaku;

b. Memberikan motivasi Lembaga atau Satuan PAUD dalam menunjukkan layanan anak usia dini.

E. SASARAN BANTUAN

1. Lembaga PAUD di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri dari Taman Kanak-kanak , Kelompok Bermain , Taman Penitipan Anak , dan Satuan PAUD Sejenis , seperti: POS PAUD , PAUD-BIA , PAUD-PAK , PAUD-TPQ , TAAM , BAMBIM , TAPAS , dan sejenisnya.

Lembaga yang telah mengajukan proposal Tahun 2015 dan memenuhi persyaratan , tetapi belum menerima derma alasannya keterbatasan anggaran (khusus derma APE PAUD Pusat).

Adapun berikut Waktu pelaksanaan pemberian Bantuan APE PAUD Tahun 2016 (khusus APE Pusat) ditetapkan sebagai berikut :

gambar jadwal pelaksanaan pemberian derma paud 2016

Demikianlah perihal juknis derma alat permainan Edukasi PAUD Tahun 2016 yang bisa kami bagikan. Untuk lebih jelasnya silahkan unduh melalui link berikut. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

loading...