SISTEMATIKA LAPORAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN UNTUK KENAIKAN PANGKAT MENURUT KETENTUAN TERBARU

SAHABAT DAPODIK |

SISTEMATIKA LAPORAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN UNTUK KENAIKAN PANGKAT MENURUT KETENTUAN TERBARU 

Sangat penting untuk diketahui berikut yaitu informasi terbaru infokemendikbud.com tentang sistematika laporan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk kenaikan pangkat terbaru.


A. Sistematika atau Kerangka Laporan Diklat Fungsional
1) Bagian Awal:
Memuat judul diklat yang diikuti , keterangan wacana kapan waktu pelaksanaan diklat , di mana acara diklat diselenggarakan , tujuan dari penyelenggaraan diklat , lama waktu pelaksanaan diklat , surat penugasan , penyelenggara/pelaksana diklat , surat persetujuan dari kepala Sekolah/madrasah , serta fotokopi akta atau keterangan dari pelaksana diklat.
2) Bagian Isi:
a) Tujuan dan alasan mengikuti diklat/pengembangan diri yang dilakukan. b) Deskripsi bahan yang diberikan dalam diklat/pengem-bangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian. guru yang bersangkutan.
c) Tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru penerima diklat/pengembangan diri berdasarkan hasil dari mengikuti diklat tersebut.
d) Dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu. KBM dan penerima didikya.
e) Penutup
3) Bagian Akhir Lampiran , berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat yang disajikan sebagaimana tabel berikut:
Nama Diklat
Tempat Kegiatan
Jumlah Jam Kegiatan Diklat
Nama Fasilitator
Mata Diklat/ Kompetensi
Nama Penyelenggara Kegiatan

B. Sistematika atau Kerangka Laporan Kegiatan Kolektif
1) Bagian Awal:
Memuat garis besar isi/materi acara yang diikuti , keterangan wacana kapan waktu pelaksanaan , dimana acara dilaksanakan dan tujuan dari pelaksanaan acara , lama waktu pelaksanaan acara , surat penugasan , surat persetujuan dari kepala Sekolah/madrasah , serta fotokopi akta atau keterangan dari pelaksana acara (jika ada). Kegiatan kolektif guru yang dilaksanakan di kelompok kerja/ musyawarah guru (KKG , MGMP , KKKS , MKKS) atau melalui IHT di sekolah.
Sertifikat/surat keterangan diberikan satu kali dalam satu tahun sesuai dengan tahun anutan di final pelaksanaan pertemuan acara rutin kelompok/ musyawarah kerja guru.
Sertifikat/surat keterangan sebagai bukti keikutsertaan acara kelompok kerja/musyawarah guru tersebut harus ditandatangani oleh Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) , Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGM) , Kelompok Kerja Kepala Sekolah/Madrasah (KKKS) , Kelompok Kerja Pengawas Sekolah/Madrasah (KKPS).

2) Bagian Isi:
a) tujuan dan alasan mengikuti acara yang dilakukan;
b) penjelasan isi kegiatan;
c) tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru penerima acara tersebut;
d) dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan penerima didik;
e) penutup.

3) Bagian Akhir Lampiran , yang terdiri dari:
a) makalah (materi) yang disajikan dalam acara pertemuan;
b) matriks ringkasan pelaksanaan acara kolektif yang disajikan sebagaimana tabel berikut.
Nama Kegiatan
Tanggal/ waktu pelaksanaan
Institusi Penyelenggara
Tempat Kegiatan
Waktu Kegiatan
Nama-Nama Fasilitator /Pemakalah/ Pembahas

C. Sistematika atau Kerangka Makalah Presentasi Ilmiah
1) Kerangka Isi
Kerangka isi makalah pada pertemuan ilmiah pada umumnya mengikuti ketentuan yang ditetapkan panitia pertemuan ilmiah. Namun demikian , setidak-tidaknya makalah tersebut , mempunyai bagian-bagian isi sebagai berikut.
2) Bagian Awal:
Memuat judul , keterangan wacana waktu pelaksanaan , penyelenggara daerah penyelenggaraan , dan pada acara apa pertemuan ilmiah tersebut dilakukan.
3) Bagian Isi:
a) sajian abstraks/ringkasan
b) paparan problem utama berikut pembahasan problem , dan
c) penutup.
4) Bagian Akhir:
5) Daftar Pustaka.

D. Sistematika atau Kerangka Publikasi Hasil penelitian Bidang Pendidikan Formal Termasuk PTK dan PTS

1) Kerangka isi
Laporan hasil penelitian yang dimuat di dalam buku atau jurnal , kerangka isi laporan , mengikuti persyaratan yang berlaku dalam penulisan buku atau jurnal. Laporan hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk makalah , kerangka isi atau format laporan hasil penelitian terdiri dari episode awal , episode isi dan episode penunjang.
2) Bagian Awal:
Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi , daftar label , daftar gambar , dan Lampiran; serta abnormal atau ringkasan.
3) Bagian Isi:
Umumnya terdiri dari beberapa episode yakni:
a) Bab Pendahuluan yang menjelaskan wacana latar belakang problem , perumusan problem , tujuan , dan Kemanfaatan hasil penelitian;
b) Bab kajian/tinjauan pustaka;
c) Bab metode penelitian;
d) Bab hasil dan diskusi/analisis hasil kajian , serta
e) Bab kesimpulan dan saran.
 4) Bagian Penunjang
Memuat daftar pustaka dan Lampiran-Lampiran (seperti instrumen yang digunakan , teladan hasil kerja penerima didik , teladan isian instrumen , foto-foto acara , surat izin penelitian , rencana pembelajaran , dan dokumen pelaksanaan penelitian lain yang menunjang keaslian penelitian tersebut).
Catatan:
Untuk Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)   dilakukan minimal  2  (dua)  siklus ,  satu siklus  minimal  dua kali pertemuan.

E. Sistematika atau Kerangka Makalah Berupa Tinjauan Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran

1) Bagian Awal Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi , daftar label , daftar gambar , dan Lampiran; serta abstraksi atau ringkasan.
2) Bagian Isi Umumnya terdiri dari beberapa episode , yakni: Lanjutkan Membaca......


Demikian info dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di http://www.dapodikblog.com/ . Kami senantiasa menunjukkan info dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari aneka macam sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda supaya informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...