Juknis ( Pedoman ) OPSI SMA 2017

Dapodik |

Sahabat guru Indonesia. sebagaimana yang kta ketahui bersama , Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yakni olimpiade rutin Direktorat Pembinaan SMA/MA semenjak 2008. Pada tahun 2017 diadakan kembali olimpiade ini dalam rangka mencari generasi bangsa Indonesia yang unggul dan terbaik dalam berinovasi penelitian. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI merupakan wadah bagi pelajar atau penerima didik SMA/MA untuk menyebarkan bakat , minat dan menumbuhkembangkan kemampuan dalam meneliti bagi pelajar.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ini juga merupakan salah satu ajang olimpiade yang banyak diminati oleh pelajar alasannya yakni selain mereka bisa mengeksplor kemampuan dan kecerdasan otak yang membuat mereka merasa diakui dengan kecakapan yang mereka punya , ajang olimpiade ini tingkat akan membawa nama terbaik mereka hingga ke seluruh dunia alasannya yakni ajang seleksi karya penelitian yang unggul/terbaik akan diikutsertakan dalam banyak sekali ajang lomba penelitian tingkat dunia.


Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2017 mengusung pesan #MenelitiItuSeru alasannya yakni bagi sebagian pelajar berpandangan bahwa penelitian dianggap sebagai sesuatu pekerjaan serius , sulit dan cenderung membosankan. Dengan adanya Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) akan menawarkan pelajar pengalaman meneliti dengan cara yang menyenangkan sehingga minat meneliti terus meningkat dan mengajak sahabat disekitanya mencicipi hal yang sama.

gambar juknis OPSI 2017

Juknis OPSI SMA 2017

Untuk mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2017 persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya yakni WNI , pelajar SMA/MA dan sekolah yang sederajat Negeri maupun swasta kelas Xatau XI pada ketika lomba penelitian dilakukan , penerima perorangan atau berkelompok maksimum 2 orang dan dari sekolah yang sama , penerima hanya boleh terlibat dalam satu judul penelitian , setiap judul penelitian harus mempunyai guru pembimbing yang kompetensinya sesuai dengan bidang yang diteliti , dan penerima menawarkan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan belumpernah dilombakan atau pernah dilombakan tapi belum mendapat juara/penghargaan di tingkat nasional.

Ada banyak ketentuan lainnya yang harus dipenuhi oleh penerima atau sekolah yang akan mengirimkan perwakilan sekolah oleh alasannya yakni itu kami bagikan juknis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2017 yang mungkin bapak dan ibu butuhkan dalam pemahaman mengenai Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Dalam juknis ini dijelaskan kriteria penerima , dasar hukum , tujun , ha yang diperlukan , bidang lomba , deskripsi/ruang lingkup kategori penelitian , persyaratan penerima pembimbing OPSI , mekanisme pelaksanaan pembimbing OPSI , kriteria penilaian , tim juri penilaian , penghargaan hingga pembinaan tim olimpiade penelitian tingkat internasional.

Persyaratan Peserta dan Pembimbing olimpiade penelitian siswa indonesia (opsi)

Peserta OPSI yakni siswa yang melaksanakan penelitian dan mengikuti proses seleksi OPSI sesuai dengan aturan OPSI yang berlaku.

Persyaratan penerima OPSI yakni :
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Siswa SMA/MA dan sekolah yang sederajat Negeri maupun Swasta kelas X atau XI pada ketika lomba penelitian dilakukan;
  3. Peserta dapat perorangan atau berkelompok (maksimum dua orang) yang terdiri atas 1 ketua dan 1 anggota
  4. Peserta OPSI pada penelitian yang dilakukan berkelompok harus dari sekolah yang sama;
  5. Setiap penerima hanya boleh terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian.
  6. Setiap kelompok/judul penelitian harus mempunyai guru pembimbing yang kompetensinya sesuai dengan bidang yang diteliti;
  7. Peserta menawarkan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan belum pernah dilombakan atau pernah dilombakan tetapi belum mendapat juara/penghargaan

Untuk lebih jelasnya wacana Pedoman atau juknis OPSI SMA 2017 , silahkan unduh file lengkapnya dalam bentuk pdf melalui LINK BERIKUT. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

loading...