Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015

Info Gtk Dan Dapodik |
Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 - Sahabat operator dapodikdasmen , sejak rilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2017b terdapat beberapa persolan gres yang kerap dijumpai. Problem tersebut berkaitan dengan entri data nilai rapor penerima didik.

Seperti yang telah kita semuanya ketahui , di dalam Aplikasi Dapodik versi terbaru yaitu penambahan fitur Nilai Rapor , US/USBN.

Para guru mata pelajaran harus mengentri nilai rapor setiap penerima didik melalui dapodik dengan cara login menggunakan akun PTK mereka masing-masing.

Baca juga: Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal alasannya Data Tidak Masuk

Nilai rapor yang harus diinput ke dalam dapodik berbeda-beda. Disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut.

Pada intinya , untuk jenjang sekolah SMP dan SMA sederajat yang menerapkan KTSP entri nilai dimulai pada semester 3-6. Artinya nilai penerima didik yang dientrikan yaitu pada dikala kelas 8 dan 11.

Sedangkan bagi yang melaksanakan Kurikulum 2013 , entri nilai dilakukan mulai semester 1-6. Kaprikornus semua nilai rapor pada dikala penerima didik tersebut sekolah harus diinput ke dapodik.

Karena hal tersebutlah , di atas saya mengatakan terdapat dilema gres yang dihadapi oleh operator sekolah.

Masalah tersebut muncul ketika ingin mengentrikan nilai rapor penerima didik untuk tahun pelajaran yang sudah berlalu.

Misalnya dikala ini penerima didik kelas XII SMK berada pada Tahun Pelajaran 2016-2017 Genap. Sedangkan kita ingin mengentrikan nilai rapor mereka ketika penerima didik tersebut berada pada semester 1.

Tentu dalam pilihan rombel penerima didik , harus dipilih Tahun Pelajaran 2014/2015 Ganjil. Namun , masalah kemudian muncul.

Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015


Ketika memilih Tahun Pelajaran 2014/2015 Ganjil data tidak mampu muncul secara lengkap. Seperti ada sejumlah siswa yang tidak muncul , mata pelajaran tidak ada , dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kondisi ini menyebabkan data nilai penerima didik pada semester yang lalu tidak mampu diisi dengan tepat , sehingga tidak dapat dikirim ke server pusat.


Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 

Nah , atas adanya dilema tersebut saya akan membuatkan cara untuk mengatasinya. Sehingga anda yang mengalami persolan menyerupai yang sudah saya jelaskan di atas mampu segera terselesaikan.

Namun sebelumnya perlu anda pahami , bila data Nilai Rapor penerima didik itu terintegrasi dengan data pembelajaran yang diinput dalam Dapodik.

Maka apabila terdapat nama penerima didik dan mata pelajaran yang tidak muncul , itu berarti ada yang salah ketika dulu anda mengentri data pembelajaran.

Untuk mengatasinya , tidak ada cara lain kecuali memperbaiki data yang lama tersebut melalui Aplikasi Dapodik.

Apakah mampu Login ke Aplikasi Dapodik pada Tahun Pelajaran yang sudah lalu untuk memperbaiki data yang belum valid?

Jawabannya yakni BISA.

Benarkah?

Benar sekali. Hal ini sengaja dibuar oleh Tim Dapodikdasmen Pusat guna untuk menyelesaikan aneka macam dilema data yang belum valid pada tahun pelajaran yang sudah berlalu.

Tapi anda tidak mampu lantas masuk ke dapodik pada tahun pelajaran yang lalu. Anda harus memahami cara yang benar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silahkan login ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen sebagai operator
  2. Lakukan validasi data dapodik , bila terdapat data yang masih Invalid segera saja diperbaiki
  3. Kemudian lakukan sinkronisasi
  4. Tunggu hingga proses sinkronisasi simpulan dilakukan
  5. Setelah simpulan silahkan logout
  6. Refresh browser anda
  7. Masukkan kembali localhost Aplikasi Dapodik , tunggu hingga halaman Login muncul
  8. Masukkan Username dan Password anda
  9. Jangan lupa pilih Tahun Pelajaran yang akan anda tuju. Disitu anda mampu memilih untuk login ke dapodik mulai tahun pelajaran 2014/2015 (Lihatlah gambar di atas)
  10. Silahkan anda pilih tahun pelajaran yang anda inginkan
  11. Klik Login


Penutup

Pada intinya , fitur Tahun Pelajaran yang sudah lalu akan secara otomatis keluar ketika anda sudah melaksanakan sinkronosasi dapodik.

Selama anda belum melaksanakan sinkronisasi maka di menu Login Dapodik anda fitur Tahun Pelajaran yang sudah lalu tidak akan mampu keluar.

Fitur ini tentu menjadi tanggapan atas kegelisahan atas dilema yang dihadapi oleh operator dapodik , yaitu terkait dengan validasi data pada semester yang lalu.

Hal ini menjadi pelajaran yang berharga sekali buat kita bersama semoga dalam mengentri data harus benar-benar valid.

Demikianlah gosip mengenai Cara Login Dapodik Mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 yang mampu saya sampaikan kepada anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...