Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama

Info Gtk Dan Dapodik |
Ada sebuah pertanyaan dari para operator dapodik yang hingga dikala ini masih belum banyak orang mengetahui jawabannya.

Pertanyaan tersebut ialah Bagaimana Cara Mengisi Nilai Rapor , US/USBN Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel terdapat 2 Mapel Agama?

Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama


Misalnya di dalam sebuah rombongan berguru , terdapat penerima didik yang berbeda agama , contohnya saja Islam dan Katolik atau Budha dan Konghuchu dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui , di Indonesia mengakui beberapa agama. Kesemua agama tersebut juga masuk di dalam sistem pendidikan nasional kita.

Semua siswa mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak , tanpa membeda-bedakan agama atau keyakinan mereka.

Untuk keperluan administratif , keyakinan atau agama para penerima didik juga di dalam Aplikasi Dapodikdasmen. Tentu anda para operator sudah faham dengan hal ini. Sebab di dalam kolom data siswa juga terdapat keterangan Agama.

Di Aplikasi Dapodikdasmen terdapat 6 Pendidikan Agama , yaitu Pendidikan Agama Islam , Pendidikan Agama Katolik , Pendidikan Agama Katholik , Pendidikan Agama Hindu , Pendidikan Agama Buddha Pendidikan Agama Konghuchu dan Pendidikan Kepercayaan terhadap Yang Mahakuasa YME.

Kesemua jenis pendidikan tersebut diperuntukkan guna mengakomodir agama para penerima didik yang beragam.

Hal ini biasanya banyak terdapat di sekolah-sekolah negeri. Di mana keyakinan para penerima didiknya sangat heterogen.

Tentu , data agama ini harus diubahsuaikan dengan agama para penerima didik. Apabila beliau Islam maka diisi Pendidikan Agama Islam. Apabila beliau beragama Katholik maka harus diisi dengan Pendidikan Agama Katholik dan seterusnya.

Bagaimana bila dalam 1 rombel terdapat 2 agama penerima didik yang berbeda?

Ya tetap harus diisi sesuai dengan agama penerima didik masing-masing. Pada intinya semua data harus riil apa adanya.

Baca juga: Panduan Entri Nilai Rapor untuk Kurikulum KTSP 

Lalu bagaimana cara entri nilai bila terdapat kondisi demikian? apakah hanya perlu diinputkan salah satu mapel agama saja? Ataukah kedua-duanya harus diinputkan?

Jika kedua-duanya harus diinputkan , lantas bagaimana urutannya? Namun bila hanya satu mapel saja , siapa guru yang harus menginputnya?

Nah untuk menjawab aneka macam pertanyaan tersebut , silahkan anda baca penjelasan berikut ini:

Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama

Memang perlu diakui , sejak adanya penambahan fitur Nilai di Aplikasi Dapodikdasmen banyak aneka macam pertanyaan yang muncul. Salah satunya menyerupai yang sedang kita bahas dikala ini.

Sampai sekarang , memang belum ada penjelasan secara resmi mengenai hal ini. Namun dari hasil uji coba dan diskusi dari temang-teman operator dapat ditarik kesimpulan berikut ini:


  • Ketika ada 2 Mapel agama di dalam 1 Rombel , maka di dalam entrian nilai nama mapelnya diubah menjadi Pendidikan Agama saja , tanpa ada embel-embel Islam. Katolik , Katholik , Hindhu , Budha , Konghuchu dan Kepercayaan
  • Pengubahan nama mapel menjadi Pendidikan Agama saja itu diubahsuaikan dengan blangko ijazah yang hanya terdapat Mapel Pendidikan Agama semata. Lihat pada gambar di bawah ini. 
Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama


  • Untuk mengubah nama mapel menjadi Pendidikan Agama saja , caranya ialah Klik mapel agama tersebut , klik ubah , setelah diubah kemudian Simpan
  • Kendati nanti guru mapel yang tercantum di aplikasi ialah guru mapel agama islam saja mislanya , ia juga dapat mengentri nilai penerima didik yang beragama lain. Sebab secara otomatis semua penerima didik akan masuk ke dalam Mapel Pendidikan Agama
  • Untuk nilai penerima didik yang beragama lain , silahkan berkonsultasi dengan guru mapel agama tersebut. Sehingga diperoleh nilai yang benar-benar valid.
  • Selesai. 

Pada intinya solusi yang mampu kami berikan ialah mengubah nama Mapel Pendidikan Agama yang spesifik menjadi Pendidikan Agama saja.

Hal ini diubahsuaikan dengan nama mapel agama yang tertera di dalam blangko ijazah penerima didik.
Memang alangkah lebih baiknya , menurut saya semoga Pendidikan Agama ini secara spesifik dicantumkan ke dalam entrian nilai. Baik itu untuk rapor , US/USBN.

Semoga saja hal ini segera mendapat respon dan keterangan yang terang dari para pemangku kebijakan.

Demikianlah gosip mengenai Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama yang dapat kami sampaikan kepada anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...