Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017

Info Gtk Dan Dapodik | Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017 -  Seperti yang telah diumumkan secara resmi dalam websiten Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang beralamat di pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id bahwa untuk input dan pengiriman data kuesioner Aplikasi PMP 2016 sudah ditutup semenjak tanggal 02 mei 2017 lalu.

Adapun proses input dan pengiriman data PMP akan kembali dibuka setelah keluarnya Rilis Aplikasi PMP 2017 (silahkan anda buka link tersebut untuk mengetahui detail informasinya.

Maka dari itu , silahkan anda persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin semoga dalam proses input data mampu berlangsung dengan baik dan lancar.

Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017


Mudah-mudahan dengan adanya rilisnya aplikasi PMP versi terbaru 2017 , tidak akan ada lagi hambatan teknis yang ditemui , baik dalam hal pengisian data kuesioner , infrastruktur penunjang hingga proses pengiriman data. 

Seperti yang diketahui , dalam Aplikasi PMP sebelumnya , proses pengiriman data menjadi hambatan yang tidak kunjung mampu diselesaikan. Masalahnya data tidak mampu dikirim padahal koneksi internet sangat cantik sekali. Semoga saja semua problem itu mampu terselesaikan. amiin

Pembaruan Aplikasi PMP Versi 2017


Setiap ada rilis aplikasi terbaru , hal utama yang perlu diketahui yaitu daftar pembaruan yang terdapat di dalamnya. Kira-kira apakah ada perbedaan yang signifikan di Aplikasi PMP Versi 2017 dengan aplikasi versi sebelumnya? 

Jelas ada perbedaan. Namun perbedaan yang paling menonol berada pada jumlah responden yang harus mengisi kuesioner PMP.

Jika dalam Aplikasi PMP versi sebelumnya , jumlah penerima didik yang menjadi responden wajib yaitu 10 orang untuk setiap kelas , maka dalam Aplikasi PMP Versi 2017 jumlah responden penerima didik yang wajib mengisi kuesioner hanya 5 anak dalam setiap kelas. 

Lalu bagaimana dengan responden lain?

Sesuai dengan Draf Perangkat Instrumen Pemetaan PMP Versi 2017 , jumlah responden  yang wajib mengisi instrument kuesioner PMP yaitu sebagai berikut:
  • Kepala sekolah 
  • Guru/Perwakilan dari Guru ,  dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Minimal 1 orang guru per tingkat kelas untuk jenjang pendidikan SD 
  2. Minimal 1 orang guru mapel Pendidikan Agama dan Guru Mapel pendidikan jasmani dan kesehatan  jenjang pendidikan pada SD 
  3. Minimum 1 orang guru per mata pelajaran (Mapel) untuk jenjang pendidikan SMP/SMA/SMK 
  4. Total seluruh perwakilan guru minimal yaitu 8 - 10 guru

  • Peserta didik , dengan ketentuan sebagai berikut: 
  1. Minimal 5 penerima didik per tingkat kelas (khusus penerima didik jenjang pendidikan SD hanya untuk kelas 4 – 6). 
  2. Total perwakilan responden penerima didik minimal minimal yaitu 15 siswa untuk tiap sekolah. 

  • Responden dari Perwakilan komite sekolah , dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Minimal 1 orang dari perwakilan pimpinan komite sekolah
  2. Minimal 2 orang dari perwakilan orang renta penerima didik

  • Responden Pengawas yang bertugas menjadi pengawas pembina/manajerial sekolah terkait 

Itu yaitu data pembaruan pada aplikasi PMP Versi 2017 yang bekerjasama dengan jumlah responden yang harus mengisi kuesioner.

Adakah pembaruan lain?

Ada. Pembaruan lainnya berada pada Instrumen kuesioner. Di mana instrumen yang dipakai untuk menilai mutu sebuah sekolah mengalami perubahan dan penyempurnaan.

Salah satunya , terdapat penambahan pertanyaan yang bekerjasama dengan Standar Sarana dan Prasarasana Sekolah. Semua itu masuk dalam Indikator Penyusunan Instrumen PMP 2017.

Adapun denah Indikator Penyusunan Instrumen PMP Versi 2017 mampu anda lihat pada gambar di bawah ini:

Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017


Sahabat dikbud sekalian , dalam postingan kali ini gua belum mampu membagikan pedoman penggunaan maupun Aplikasi PMP Versi 2017 kepada anda semua. Sebab , hingga dengan ketika ini Aplikasi PMP Versi terbaru itu masih dalam tahap diujicobakan pada  aplikasi pmp_2.0.rc2.002. 

Aplikasi PMP ini masih bersifat beta , maka dari itu belum mampu disebarluaskan kepada semua. Setelah aplikasi siap dirilis , pasti nanti akan diumumkan secara resmi melalui website PMP di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. 

Oh iya , sekedar mengingatkan saja bahwa untuk pengumpulan data dan gosip melalui Aplikasi PMP Versi 2017 dibutuhkan semua simpulan selama kurang lebih 4 bulan dimulai dari Bulan Juni hingga dengan September 2017.

Secara teknis tidak ada yang berbeda jauh mengenai penggunaan Aplikasi PMP Versi 2017. Namun setelah aplikasi ini resmi dirilis , lebih baik anda membaca pedomannya terlebih dahulu.

Sekian gosip mengenai Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017 yang dapat gua sampaikan.


Subscribe to receive free email updates:

loading...