Syarat Pengajuan PTK Baru di Dapodik

Info Gtk Dan Dapodik | Syarat Pengajuan PTK Baru di Dapodik - Seperti yang telah anda ketahui bersama bahwa pada dikala ini penambahan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tidak semudah dahulu.

Pada tahun pemikiran 2015/2016 ke bawah , penambahan PTK gres ke dalam Aplikasi Dapodik terbilang sangat mudah sekali. Operator hanya perlu menginput banyak sekali data diri PTK gres sesuai dengan formulir yang tersedia di Dapodik.

Syarat Pengajuan PTK Baru di Dapodik


Namun , sejak tahun pemikiran 2016/2017 penambahan PTK gres tidak mampu dilakukan secara manual oleh sekolah. Namun harus melalui persetujuan dari Dinas Pendidikan setempat. Menu penambahan PTK di Aplikasi Dapodik , dikala ini sudah dihilangkan.

Untuk jenjang pendidikan SD dan SMP sederajat , penambahan PTK gres dilakukan melalui Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten/Kota setempat.

Sedangkan untuk jenjang SMA dan SMK sederajat dilakukan melalui Dinas Pendidikan Provinsi. Misalnya saja , ada Guru gres di wilayah Kabupaten Kebumen maka penambahan PTK di Dapodik dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Jika jenjang pendidikan SD dan SMP saya rasa tidak begitu susah alasannya ialah hanya di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. Namun , tidak begitu bagi jenjang pendidikan SMA dan SMK.

Artikel Terkait: Syarat Penambahan PTK Baru di Dinas Kabupaten/Kota

Sejak adanya kebijakan jenjang SMA dan SMK diambil oleh provinsi , semua hal terkait dengan pendidikan di jenjang tersebut di bawah naungan dari Dinas Provinsi. Termasuk juga dalam hal penambahan PTK baru.

Lalu bagaimana cara menambahkan PTK gres di Dapodik untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK sederajat?

Yang harus dilakukan ialah melaksanakan pengajuan penambahan PTK gres ke Dinas Pendidikan Provinsi dengan membawa sejumlah persyaratan yang sudah ditentukan.

Apa sajakah Syarat Pengajuan PTK Baru di Dapodik?

Berdasarkan info yang kami terima dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi dikala mengajukan PTK gres , Syarat Pengajuan PTK Baru di Dapodik ialah sebagai berikut:

Bagi Guru Swasta

  1. SK Pengangkatan sebagai seorang Guru Tetap Yayasan (GTY) yang berasal dari Ketua Yayasan 
  2. SK Pembagian Jam Mengajar yang berasal dari Kepala Sekolah
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Ijazah dari Jenjang SD hingga dengan S-1/D-4/Ijazah Terakhir
  6. R.  10 (Daftar Kebutuhan Guru , sudah ada formatnya , biasanya setiap tahun formatnya berbeda)
  7. Form input sebagai PTK baru

Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS)

  1. SK Pengangkatan Terakhir 
  2. SK JFT Terakhir
  3. Ijazah dari Jenjang SD hingga dengan S-1/D-4/Ijazah Terakhir - ktp
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. R. 10 (Daftar Kebutuhan Guru , sudah ada formatnya , biasanya setiap tahun formatnya berbeda)
  6. Form Pengajuan sebagai PTK 

Keterangan Persyaratan

Semua syarat tersebut harus dikumpulkan dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Semua tanpa legalisir
  • Semua berkas persyaratan di atas dan berkas asli harus di bawa menuju ke BP2MK wilayah 1 masing-masing guna untuk dilakukan proses verifikasi sebagai dasar untuk mengeluarkan rekomendasi. 
  • Isian form boleh dicetak atau juga ditulis dengan tangan 
  • Foto copy Ijazah harus terlihat terang (foto PTK bersangkutan terlihat jelas) 
  • Bagi para Guru Tidak Tetap (GTT) yang berada di sekolah negeri hingga dikala ini belum ada dasar peraturan guna untuk memasukan datanya ke dalam Aplikasi Dapodik sehingga harus tabah menunggu terlebih dahulu hingga ada aturan jelasnya
  • Guna keperluan entri data nilai penerima didik ke dalam Aplikasi Dapodik bagi para guru di sekolah yang belum masuk ke dalam Aplikasi Dapodik dapat menggunakan kemudahan Akun Wali Kelas.
Catatan Penting!!! Adapun Form Input PTK Baru di Dinas Provinsi mampu anda lihat pada gambar di atas. Saya rasa tidak jauh berbeda dengan yang dulu. Isinya mengenai data diri PTK baru.

Demikianlah info mengenai Syarat Pengajuan PTK Baru di Dapodik yang mampu kami sampaikan kepada anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...