Surat Edaran Menpan Perihal Germas ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat )

Rekan-rekan semua kali ini aku akan membagikan informasi perihal Surat edaran Menpan Tentang Germas. Pasti yang gak tau apa itu germas. Germas itu akronim dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di lingkungan instansi Pemerintah. 

Berikut surat edaran Menpan Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Germas.




Surat Edaran Menpan  Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)



Surat Edaran Menpan  Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di lingkungan  Instansi  Pemerintah menyatakan sebagai berikut:

Menindakanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 perihal Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan daam rangka mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di lingkungan Instansi Pemerintah, bersama ini dengan hormat semoga pimpinan instansi melaksanakan Iangkah-langkah sebagai berikut:
  1.  Mewajibkan acara olahraga bersama secara rutin dengan melaksanakan senam bersama setiap hari jumat pagi setiap minggunya.
  2. Mewajibkan kepada seluruh pegawai untuk melaksanakan peregangan selama 5 menit setiap 2 jam ditandai dengan suara baik berupa musik, alarm, maupun hal lain yang dikhususkan untuk menunjukkan aba-aba peregangan kesehatan kerja.
  3. Menyediakan sarana aktifitas fisik bagi seluruh pegawai yang ingin berolah raga baik sebelum jam kerja maupun sesudah jam kerja
  4. Memberikan pelayanan dan akomodasi deteksi dini penyakit secara rutin kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dengan cara melaksanakan pemantauan melalui investigasi kesehatan (medical check up) secara terjadwal sekurang-kurangnya 1 kali datam 1 tahun.
  5. Menyediakan sarana ruang laktasi/menyusui dan perlengkapannya di lingkungan instansi Pemerintah.
  6. Menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di seluruh gedung Instansi Pemerintah,
  7. Menyajikan sajian kuliner tradisional yang sehat ibarat sayur mayur lokal, dan konsumsi camilan/makanan ringan buah-buahan produksi dalam negeri maupun kuliner lokal ibarat singkong rebus, jagung rebus, pisang rebus dan kacang-kacangan pada penyelenggaraan pertemuan/rapat di dalam atau luar kantor.

Dalam peaksanaan Surat Edaran semoga meneruskan kepada seluruh jajaran instansi di bawahnya hingga dengan unit organisasi terkecil untuk melaksanakan dan mematuhi ketentuan daam Surat Edaran ini secara konsisten dan sungguh-sungguh, serta melaksanakan pemantauan dan penilaian secara terjadwal dan melaporkan risikonya kepada Kementerian PANRB.




Sumber http://www.dapodikmadura.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...