Buku Jarimatika Cara Gampang Hitung Matematika

Cara gampang hitung matematika dengan Jarimatika merupakan salah satu cara melaksanakan operasi hitung, Berhitung gampang dan menyenangkan dengan memakai jari. Jika kita melaksanakan latihan berhitung secara berulang-ulang bersama dengan belum dewasa kita tidak perlu kuatir anak kita niscaya menguasai ketrampilan ini dengan baik. Saya yakin ini bukan hal baru. Sewaktu belum dewasa kita masih bayi, dan kita mulai mengajarkan padanya berbicara, kita ucapkan satu kata dan memperlihatkan maknanya berulang-ulang di hadapannya, contohnya kata: I-bu.

Dan kita melakukannya puluhan… ratusan…bahkan mungkin ribuan kali sebelum mendapat respon dari anak kita. Meski begitu kita sabar melakukannya

Respon menyerupai apapun yang muncul dari anak kita, senantiasa kita sambut dengan gembira dan pujian, seperti: ”Anak Mama memang hebat!” dan pujian-pujian homogen dengan itu. Intinya: Selalu mengapresiasi anak dan memperlihatkan dorongan semangat mencapai yang lebih baik lagi.

Bahkan seandainya responnya pun tidak sesuai dengan maksud orang tua, kita tetap memperlihatkan kebanggaan dan dorongan. Bukankah demikian?
Lalu mengapa kemudian kita kehilangan kontrol ketika membimbing anak kita memahami problem berhitung?? Kita cenderung menjadi tidak fair terhadap belum dewasa ketika berurusan dengan berhitung dan juga Matematika pada umumnya?

Mungkin, sekali lagi mungkin secara tidak sadar kita membandingkan kemampuan berpikir anak dengan diri kita Atau melebih-lebihkan apa yang telah kita kerjakan, menyerupai “Bukankah Mama sudah mengajarkan padamu ratusan kali…”  Benarkah demikian ?

Atau jangan-jangan ketidak-sabaran kita itu representasi dari kebingungan kita untuk memahamkan kepada anak ketrampilan beritung.
Disamping kemampuan membaca, ketrampilan berhitung yaitu salah satu ketrampilan dasar yang perlu dikuasai oleh belum dewasa kita.
Bila ketrampilan membaca sanggup memperluas cakrawala belum dewasa kita, maka berhitung juga memiliki banyak manfaat; diantaranya:
·     Agar anak kita sanggup lebih memahami alam semesta dan hukum-hukum yang berlaku di dalamnya
·         Agar anak kita sanggup melaksanakan perencanaan dan penilaian dengan baik ketika cukup umur nanti
·         Agar belum dewasa kita sanggup menciptakan rancangan dan konstruksi dengan benar
·         Yang juga tidak kalah penting yaitu semoga belum dewasa kita sanggup berlaku adil
·         Kemudian semoga mereka bisa berbelanja dengan benar
·         Lalu juga semoga mereka tidak gampang ditipu
·         Dan tentu masih banyak lagi nilai pentingnya bagi kehidupan anak kita.

Unduh Buku Jarimatika Cara Praktis Hitung Matematika
Padahal menyerupai halnya ketrampilan yang lain, untuk sanggup berhitung dengan baik dibutuhkan suatu proses:
1.      Anak perlu untuk memahami bilangan dan proses membilang
2.      Kemudian mulai dikenalkan dengan lambang bilangan
3.      Setelah itu diajarkan konsep operasi hitung
4.      Baru kemudian dikenalkan aneka cara dan metode melaksanakan penghitungan



Source : gurusd.web.id

Sumber http://www.dapodikmadura.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...