Inilah Mekanisme Atau Pola PKG Baru Yang Akan Diterapkan Kemdikbud

PKG atau penilaian kinerja guru secara kontinyu dari Uji Kompetensi Guru/UKG Tahun 2015 ini selesainya diteruskan dengan PKG, yang mana kita ketahui UKG mengukur dua kompetensi yaitu Pedagogik dan Profesional dan paket lainnya diantara 4 kompetensi guru ialah paket dua kompetensi dari PKG yaitu Kompetensi Kepribadian dan Sosial. baca inilah arti 4 Kompetensi Guru

Penilaian Kinerja Guru memang bukanlah barang atau cara gres dalam mengetahui kinerja dan kepribadian guru dari aspek terkait, dinilai tak komprehensif PKG yang selama ini dilaksanakan Kemdikbud melalui Ditjen GTK nya akan merubah mekanisme gres PKG yang komprehensif (dikutup dari laman kemdiikbud.go.id "Kemendikbud Siapkan Mekanisme Penilaian Kinerja Guru yang Komprehensif")

Secara tegas Ditjen GTK Sumarna Surapranata memberikan perubahan referensi atau mekanisme yang gres atau disebutkan komprehensif pada PKG kedepan dengan referensi sebagai berikut:
Inilah Mekanisme Atau Pola PKG Baru Dari Kemdikbud

Mekanisme atau Pola PKG Baru Dari Kemdikbud
Empat komponen penilai dalam PKG
  • Pengawas,
  • Kepala sekolah, 
  • Siswa,
  • Komite sekolah. 
"Untuk guru sekolah menengah kejuruan (SMK), ada penilaian dari dunia perjuangan dan industri," kata Pranata.
Baca Juga Contoh Perhitungan PK Guru
Dalam PKG, penilaian dari siswa termasuk komponen yang penting. "Kenapa siswa? Siswa itu mampu tahu jikalau selama satu semester gurunya hanya ngasih soal atau hanya mencatat padahal bukunya sudah ada. Siswa mampu menilai itu," ujarnya. Siswa yang setiap hari berinteraksi dengan gurunya tentu mampu objektif menunjukkan penilaian.

Subscribe to receive free email updates:

loading...