Gaji Pendamping Desa Berapa Juta

Itulah pertanyaan yang sering muncul di search enginer pada bulan Gaji Pendamping Desa  berapa juta
Gaji Pendamping Desa  berapa juta/Illustration
Gaji Pendamping Desa  berapa juta Itulah pertanyaan yang sering muncul di search enginer pada bulan-bulan ini.Hal tersebut memang aku anggap masuk akal sebab pada bulan ini Kementrian Desa tengah melaksanakan penjariangan online calon pendamping desa untuk mengisi kekosongan kouta di masing masing provinsi.

Hal itulah yang lalu di manfaatkan oleh para netizen di waktu luangnya.Entah sekedar mencari info ataukah ingin tau terkait  gaji pendamping desa tetapi kenyataanya di searc enginer menandakan angka hingga 1000 pencarian.



Ok pribadi saja sob!
Sepengetahuan aku yang kebetulan aku pribadi merupakan salah satu yang menjabat sebagai pendamping professional di desa.Di setiap bulan aku tidak pernah mendapatkan honor tetapi hanya mendapatkan Honorarium,Tunjangan Kesehatan dan Bantuan Biaya Operasional.


Untuk besaran Honorarium sendiri sangat bervariatif tergantung kebijakan yang ada di masing-masing satker provinsi dan tertuang kedalam Surat Perjanjian Kerja (SPK) yang di tanda tangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen Satuan Kerja Dekonsentrasi dan Pendamping Profesional.

Pembayaran Honorarium sendiri bersifat Lumpsum ,artinya  honorarium akan kita terima setiap bulan menyesuaikan jumlah kehadiran di lokasi kiprah dengan denah rumus sebagai berikut :


Honorarium = Jumlah hari kehadiran pada bulan tersebut  x  Besaran Honorarium
                          Jumlah hari kerja pada bulan tersebut


Sedangkan untuk jumlah honorarium pendamping desa tetap mengacu pada kebijakan yang telah di tentukan oleh Satker Pusat serta Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa sebagaimana tertuang dalam gambar di bawah ini.
Itulah pertanyaan yang sering muncul di search enginer pada bulan Gaji Pendamping Desa  berapa juta
Besaran Honorarium Pendamping Desa/Illustration

Besaran Honorarium Pendamping Desa ?

Berdasarkan info yang aku sanggup dari banyak sekali sumber serta seach  di banyak sekali website.Honorarium pendamping desa pada tahun ini akan mengalami kenaikan dan kemungkin besar diatas Upah Minimum Regional (UMR) serta menyesuaikan tingkat jabatan yang di emban pendamping desa itu sendiri.


Berikut ini Besaran Honorarium Pendamping Desa dan telah di tambahkan Tunjangan Kesehatan dan Bantuan Biaya Operasional :

  • Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Rp.2 s/d 2,7 juta/bulan.
  • Pendamping Desa ( PD ) Rp.3,5 s/d 4 Juta/bulan.
  • Pendamping Kabupaten Rp.7,5 s/d 8 Juta/bulan.
  • Pendamping Provinsi Rp.13,5 s/d 14 Juta/bulan.
Sedangkan patokan terkait problem besaran honorarium di atur dalam Keputusan Menteri Desa nomor 58.1 tahun 2015.

Subscribe to receive free email updates:

loading...