Cara Menerapkan Aktivitas Literasi Sekolah, Mudah Dan Niscaya Berhasil

Cara Menerapkan Program Literasi Sekolah, Simpel dan Pasti Berhasil - Program literasi yaitu acara yang sedang digalakkan oleh kemdikbud biar dilaksanakan di setiap satuan pendidikan. Secara sederhana, acara literasi sanggup diartikan acara adaptasi biar penerima didik terbiasa membaca. Namun tidak hanya itu, dengan acara litearsi dibutuhkan penerima didik mempunyai daya kratifitas dalam menuangkan ilham pikiran dalam sebuah karya tulis.

Program literasi sekolah ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015, dengan adanya permendikbudi ini maka setiap sekolah wajib melaksanakan acara literasi sekolah. Salah satu petunjuk yang sangat gampang difahami dan dilaksanakan yaitu acara membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai.

Baca Juga : Penjelasan Singkat Gerakan Literasi Sekolah

Meskipun adaptasi membaca 15 menit sebelum pembelajaran kelihatannya mudah, pada kenyataannya belum semua sekolah menerapkan hukum ini. Itu artinya belum semua sekolah melaksanakan acara literasi sekolah. Entah alasannya resah cara melaksanakannya atau entah alasannya alasan lain, yang terang hingga ketika ini belum semua sekolah menerapkan acara literasi sekolah secara terprogram dan terukur.

Untuk memudahkan dan memperlihatkan citra tentang cara pelaksanaan acara literasi sekolah, inilah langkah-langkah yang sanggup diambil oleh satuan pendidikan.

Langkah langkah Melaksanakan Program Literasi Sekolah

1. Buat jadwal kunjungan ke perpustakaan untuk tiap kelas. 
Contoh: hari Senin untuk kelas 1, hari Selasa untuk kelas 2, hari Rabu untuk kelas 3, dan seterusnya.
Pada hari itu, tiap kelas akan melaksanakan 3 kegiatan sekaligus: pinjam buku, mengembalikan buku, dan mengumpulkan resume.

2. Setelah jadwal tersusun, gres kita mulai acara ini. 

Agar mudah, kita ambil pola siswa kelas 3.

Pada hari Rabu pertama, siswa kelas 3 harus meminjam satu buku di perpustakaan, ketika jam istirahat. Buku perihal apa? Bebas. Sesuai passion siswa sendiri-sendiri.

Jika semua sudah mendapat, buku dikumpulkan jadi satu di dalam kelas. Letakkan di daerah tersendiri yang sudah disiapkan.
Baca Juga : Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kelas 6


3. Hari berikutnya, yaitu Kamis, Jumat dan seterusnya, siswa bersama seluruh warga sekolah membaca buku selama 15 menit. 
Tepat pukul 07.00 hingga 07.15. Terapkan secara terus menerus hingga satu minggu. Hindari kegiatan lain selain membaca.

4. Pada hari Rabu berikutnya, berikan waktu lebih banyak pada siswa, contohnya 30 menit. 

Karena pada hari ini mereka harus menciptakan resume dari apa yang mereka baca selama 6 hari sebelumnya.

5. Saat jam istirahat tiba, siswa berkunjung ke perpustakaan

3 hal ini yang mereka lakukan: mengembalikan buku, mengumpulkan resume, sekaligus meminjam buku untuk bacaan hari berikutnya.

6. Begitu seterusnya.
Silahkan menyesuaikan format resume seperti apa yang terbaik. Usahakan itu sesuai dengan perkembangan usia siswa. Untuk kelas rendah, resume bisa hanya berupa unsur-unsur utama buku, ibarat menuliskan judul, pengarang, dan jumlah halaman.

Sedangkan untuk kelas tinggi sanggup lebih kompleks, yakni ringkasan isi buku disertai batasan minimal pengerjaan.


Nah itulah cara menerapkan acara literasi sekolah, cara ini terbilang simpel dan gampang dilaksanakan. Selain itu dengan menjalankan langkah-langkah pelaksanaan acara literasi sekoleh ini maka perpustakaan di sekolah juga akan menjadi hidup.

Kita tahu bahwa sebagian besar perpustakaan di sekolah selama ini hanya menjadi  komplemen sarana prasarana sekolahs aja atau hanya sebagai komplemen komponen SPM saja. Namun dengan pelaksanaan acara literasi sekolah ini maka perpustakaan benar-benar hidup, sirkulasi peminjaman buku akan berjalan secara semestinya. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...