Cara Cek Data Siswa Peserta Kip

Cara Cek Data Siswa Penerima KIP - Kartu Indonesia Pintar atau KIP yakni kartu bagi para siswa yang dianggap kurang mampu. Dengan mempunyai KIP maka para siswa yang dianggap kurang bisa tersebut mendapat santunan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah dan disalurkan melalui bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Data-data siswa peserta KIP ini tersimpan di server milik kemdikbudi dan sanggup diakses oleh siapa saja secara terbuka. Jadi, anda para guru, orang tua, siswa atau siapapun bisa cek data siswa peserta KIP secara online. Syaratnya mudah, untuk bisa mengecek data peserta KIP cukup dengan memakai nomor KIP.

Nah, kini para peserta KIP silakan cek data anda apakah sudah terdaftar atau belum dan sudah benar atau belum. Bagaimana cara ceknya, silakan ikut panduannya berikut ini.

Cara Cek Data Penerima KIP

1. Silakan kunjungi situs PIP kemdikbud, klik di sini.


2. Silakan masukkan nomor KIP pada kolom Inquiry, kemudian klik tombol Inquiry. Kalau nomor KIP yang dimasukkan valid maka akan keluar data siswa yang dimaksud menyerupai di bawah ini.


Nah kalau dicek datanya sudah muncul menyerupai ini maka Insya Alloh anda sudah masuk dalam calon peserta dana KIP yang akan disalurkan melaui bank.

Jika data anda tidak muncul, silakan cek ulang apakah nomor KIP yang anda inputkan benar atau tidak. Kalau sudah benar tapi belum keluar juga, coba anda ingat apakah anda sudah melaporkan KIP anda ke sekolah atau tidak. Karena kalau anda tidak melaporkan KIP ke sekolah, maka nomor KIP anda tidak akan terdata di aplikasi dapodik. Jadi, silakan tiba ke sekolah dimana siswa atau anak anda sekolah dan beritahukan bahwa anda yakni peserta KIP dengan menunjukkan foto copy KIP kepada sekolah.

Nah itulah cara cek data siswa peserta KIP, supaya bermanfaat dan pastinya supaya dana PIP yang disalurkan oleh pemerintah benar-benar dimanfaatkan secara tepat, yaitu untuk  membiaya pendidikan anak bukan untuk kepentingan yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan ana.

Subscribe to receive free email updates:

loading...