Anak Anda Kecanduan Hp? Bahaya!!! Segera Atasi Dengan 6 Tips Berikut

Anak Anda Kecanduan HP? Bahaya!!! Segera Atasi Dengan 6 Tips Berikut - Ini yaitu jaman gadget, ini yaitu jaman digital. Malu kalau anak tidak kenal dengan HP, tidak kenal dengan mainan gadget, tidak kenal dengan permainan online. Mungkin sebagian dari orang renta ada yang berpikrian menyerupai itu sehingga semenjak kecil anak sudah dibiasakan bermain HP. Bahkan ketika anak masih bayi, sudah dikenalkan dengan HP. Misal, pada anak rewel maka orang renta yang merasa modern dan merasa mempunyai peralatan modern, akan mengalihkan rewel anak pada HP atau peralatan gadget lainnya.

Awas, anak akan menjadi kecanduan HP!
Ternyata, yang menjadikan orang mabuk, yang menjadikan anak menjadi rusak dan menjadikan anda menjadi kecanduan bukan hanya masakan dan minuman yang mengandung zak adiktif, tapi HP juga dapat menciptakan anak kecanduan.

6 Ciri-Ciri Anak Kecanduan HP


  1. Setiap hari tidak dapat lepas dengan HP
  2. Anak lebih asyik bermain sendiri dengan HP dibanding bermain berinteraksi dengan temanteman sebayanya
  3. Anak akan marah, prustasi, gelisah dan stres ketika tidak diberikan HP untuk bermain
  4. Anak akan naik pitam, menangis bahkan mengamuk jikalau sedang bermain HP kemudian HPnya di ambil.
  5. Anak menjadi malas (malas mandi, malas makan, malas berguru bahkan enggan berangkat sekolah)
  6. Pola tidur terganggung alasannya yaitu anak suka bermain sampai larut malam
Stop!!! Jangan biarkan anak menjadi kecanduan HP. Upayakan sedini mungkin supaya anak anda tidak mempunyai ciri-ciri di atas. Jika semua indikasi di atas sudah ada pada anak anak, maka akan sulit untuk merehabilitasinya supaya kembali ke kehidupan normal. Untuk itu, laukan 6 tips sederhana supaya anak tidak kecanduan HP berikut ini.

6 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan HP


1. Mulai dari diri sendiri
Seorang anak akan mencontoh sikap orang tuanya. Jika orang tuanya sering bermain HP dan sering mengacuhkan anak-anak, maka anak juga demikian. Mereka akan lebih suka mainan HP dan suka mengacuhkan orang di sekitarnya termasuk orang tua. 

Untuk itu sangat penting untuk membatasi diri dalam penggunaan HP atau gadget di rumah. Upayakan luangkan banyak waktu untuk beriteraksi dengan anak-anak. Bisa melalui permainan sederhana yang tidak memakai HP, bercerita, atau melaksanakan kegiatan fisik lainnya.
2. Jadilah orang renta yang kreatif
Sebagai orang renta harus kreatif dan cerdas membaca situasi. Jangan hanya mengandalkan emosi, tapi gunakan rasa dan nalar sehat. Buatlah permainan-permainan yang menarik perhatian bawah umur sehingga perhatiannya lepas dari HP.

Jangan merasa risi rumah menjadi kotor dan berantakan, jikalau dengan cara demikian anak akan lebih banyak melaksanakan aktifitas fisik dan menjadi kreatif. Jadikanlah media apapun yang ada dirumah menajdi sebuah permainan yang menyenangkan. Sangat direkomendasikan supaya anak mengenal permainan-permainan tardisional yang membutuhkan aktifitas fisik, sosial dan kerjasama.

3. Tumbuhkan pada anak rasa cinta pada buku
Meskipun segala macam gosip dapat diakses via HP, tapi jangan pernah tinggalkan buku. Mulai dari orang renta untuk mengasihi buku, misal dengan mengoleksi buku-buku bacaan dan upayakan setiap hari ada aktifitas membaca. Sediakan juga buku-buku yang menarik perhatian anak, deganan demikian ketika orang renta membaca anak juga akan tertarik untuk ikut membaca bersama orang tua. 

4. Ajak anak bermain di luar ruangan
Orang renta dapat membiasakan bawah umur untuk berolahraga, misal dengan bermain bola, bermain tenis, bermain bulu tangkis, jalan-jalan pagi atau sore hari dan sesekali ajaklan anak bermain ke alam terbuka. Tanamkan pada anak bahwa bermain di luar ruangan lebih menyenangkan dibanding hanya bermain di dalam raungan dengan memelototi layar hp secaa terus menerus. 

5. Boleh bermain HP, tapi batasi
Melarang seacara total supaya anak tidak bermain HP juga kurang baik, alasannya yaitu anak akan merasa minder dengan teman-temannya yang terbiasa bermain HP. Berikan mereka haknya untuk bermain HP, tapi batasi waktunya. Misal, bermain setengah jam saja. Tapi, jangan minta bawah umur untuk berhenti secaa mendadak ketika sedang asyik bermain. Orang renta dapat meminta anak berhenti dengan tenggang waktu. Misal, nak main HP jangan terlalu lama, nanti matanya rusak, 5 menit lagi tolong HPnya dimatikan ya. Dengan cara menyerupai ini anak tidak akan merasa dikekang dan dibatasi.

6. Jangan belikan hp untuk anak
Sekalipun orang renta mempunyai uang untuk membelikan HP untuk anak, tapi sangat tidak dianjurkan untuk memperlihatkan kepada anak hak secara penuh pada sebuah HP. Membelikan HP untuk anak itu artinya orang renta memperlihatkan hak mempunyai pada HP tersebut. Jika anak sudah merasa memiliki, maka anak akan merasa bebas bermain HP alasannya yaitu merasa itu miliknya sendiri. Jadi, biarkan anak bermain HP dengan meminjam HP orang tua, atau HP yang dikhususkan untuk anak tapi tetap status kepemilikan ada pada orang tua.

Nah itulah cara supaya anak tidak kecanduan HP, lakukan 6 tips di atas kini juga sebelum menjadi terlanjur. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...