Aturan Pembuatan Surat Kiprah Di Lingkungan Kemdikbud Ri

Surat kiprah ialah naskah dinas yang berisi penugasan dari pejabat yang berwenang kepada seseorang untuk melakukan suatu kegiatan. Selain diharapkan biar pengemban kiprah memperoleh legalisasi formal terhadap kiprah yang harus dilaksanakan, keberadaan surat kiprah juga menjadi penting untuk banyak sekali keperluan pada sebuah instansi pendidikan. Misalnya sebagai bukti fisik pengeluaran dana (SPPD) atau bukti fisik dalam laporan pengembangan diri bagi seorang guru yang akan menyusun penetapan angka kredit. Begitu juga surat kiprah mempunyai kegunaan untuk instansi yang dituju untuk memperlancar kiprah pegawai atau pejabat yang bekerjasama dengan forum atau instansi yang berkaitan dengan tugasnya.

Ketetuan mengenai surat kiprah di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan diatur dalam Permendikbud RI No. 6 tahun 2013 perihal Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Pada Permendikbud tersebut disebutkan bahwa Surat kiprah sanggup berbentuk lembaran surat atau kolom. 

Bagian-bagian surat kiprah terdiri atas:
  1. kepala surat; 
  2. pembuka surat; 
  3. isi surat; dan 
  4. penutup surat. 

Kepala surat

Kepala surat tugas, baik yang berbentuk lembaran surat maupun kolom, dibentuk dengan memakai ketentuan sebagaimana diatur pada pasal 2 ayat 2 Permendikbud RI No. 6 tahun 2013 perihal Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembuka surat

Pembuka surat kiprah terdiri atas: frasa surat tugas; dan nomor. Frasa surat kiprah ditulis di bawah kepala surat dengan abjad kapital secara simetris. Kata nomor ditulis sejajar dengan frasa surat tugas, diawali dengan abjad kapital. dan sejajar dengan kata nama. Kata pangkat dan golongan ditulis di bawah dan sejajar dengan NIP. Kata jabatan ditulis di bawah dan sejajar dengan kata pangkat dan golongan. Maksud, tanggal, dan daerah penugasan, ditulis di bawah dan sejajar dengan kata jabatan, didahului dengan kata untuk. 

Isi Surat

Isi surat kiprah yang berbentuk kolom terdiri atas:
  1. nama jabatan pemberi tugas; 
  2. kolom isian surat tugas; dan 
  3. maksud, tanggal, dan daerah penugasan. 
Nama jabatan pemberi kiprah ditulis di sebelah kiri di bawah kata nomor. Kolom isian surat kiprah berisi nomor, nama, NIP, pangkat dan golongan, serta jabatan yang diberi kiprah ditulis di bawah dan sejajar dengan kalimat awal nama jabatan pemberi tugas. Maksud, tanggal, dan daerah penugasan ditulis di bawah kolom sejajar dengan nomor isi kolom dan didahului dengan kata untuk. 

Penutup Surat Tugas

Penutup surat kiprah dibentuk dengan memakai ketentuan sebagai berikut :
  1. tanggal surat ditulis di sebelah kanan bawah, di bawah baris final isi surat, tanpa didahului nama daerah pembuatan; 
  2. nama jabatan pejabat yang menandatangani surat ditulis di bawah dan sejajar dengan tanggal surat edaran dan memakai abjad kapital pada setiap awal kata, kecuali kata penghubung, dan diakhiri tanda baca koma; 
  3. tanda tangan pejabat yang menandatangani surat dibubuhkan di antara nama jabatan dan nama pejabat; 
  4. cap jabatan atau cap dinas dibubuhkan dengan menyentuh bab sisi kiri tanda tangan pejabat; 
  5. nama pejabat yang menandatangani surat ditulis di bawah, sejajar dengan nama jabatan, dan memakai abjad kapital pada setiap awal kata tanpa diapit dengan tanda kurung dan tanpa garis bawah; dan 
  6. singkatan NIP ditulis di bawah dan sejajar dengan nama pejabat yang menandatangani serta memakai abjad kapital tanpa diakhiri dengan titik dan diikuti dengan nomor tanpa jarak bagi pejabat selain Menteri
  7. Apabila ada tembusan, kata tembusan ditulis dengan memakai abjad kapital pada awal kata tanpa garis bawah diikuti tanda baca titik dua sejajar dengan pembuka surat dan sebaris dengan nama pejabat yang menandatangani surat edaran 
  8. Pihak yang diberi tembusan ditulis di bawah kata tembusan, dan apabila yang diberi tembusan lebih dari satu diberi nomor urut dengan angka Arab sejajar dengan kata tembusan. 
  9. Pihak yang diberi tembusan tidak didahului abreviasi Yth atau diikuti frasa sebagai laporan. 
Format surat kiprah berbentuk lembaran surat

Format surat kiprah berbentuk kolom



Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...