Berbagi Bahan Lengkap E-Pupns Tahun 2015

Seperti diketahui bahwa Pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) nasional merupakan acara pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara bersiklus selama 10 tahun sekali. Pendataan ulang pegawai negeri sipil ini terakhir dilakukan pada tahun 2013 dan waktu itu masih berlangsung secara manual. Oleh lantaran itu semsestinya pendataan ulang PNS ini harus dilakukan lagi pada tahun 2013. Akan tetapi lantaran sistemnya belum siap lantaran dilakukan secara online, maka pelaksanaannya diundur hingga tahun 2015 dan dilaksanakan mulai bulan September dan berakhir pada Desember 2015. 

Pelaksanaan dengan sistem online tentunya menjadikan dinamika tersendiri lantaran hingga dikala ini tidak semua PNS/CPNS yang menjadi sasaran e-PUPNS andal memakai IT. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang bahkan buta sama sekali (GAPTEK).

Kendala jaringan juga menjadi sisi tersendiri yang menghambat. Belum seluruh wilayah Indonesia terjangkau oleh jaringan internet anggun bahkan banyak juga yang tidak ada sinyal sama sekali, ditambah lagi dengan kemampuan server e-PUPNS sendiri yang belum bisa secara maksimal menampung jalan masuk dari jutaan PNS/CPNS di  seluruh Indonesia maupun luar negeri. Akibatnya error 500,  loading usang (lola), not found dan sejenisnya hampir menjadi keseharian yang tetap.

Menjelang awal pembukaannya pada tanggal 1 September 2015 juga tidak serempak diterapkan oleh masing-masing daerah. Sangat tergantung dari kesiapan masing-masing daerah, dalam hal ini BKD untuk membuka pendaftaran.

Terlepas dari semua hal tersebut di atas, ada baiknya kita membekali diri kita dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap e-PUPNS beserta petunjuk-petunjuk teknisnya, biar ketika kita melaksanakan pemutakhiran data bisa berjalan dengan lancar lantaran sesuai dengan mekanisme yang benar. Oleh lantaran itu berikut ini kami share file-file yang berkaitan dengan e-PUPNS 2015 sebagai materi acuan di dalam melaksanakannya. File-file tersebut sanggup didownload pada link-link berikut ini.

Peraturan-peraturan :

  1. Surat Edaran Kepala BKN perihal Implementasi e-PUPNS 2015
  2. Perka BKN No. 19 tahun 2015 
  3. Materi SOSIALISASI  DAN PELATIHAN ePUPNS 2015 versi PDF
  4. Materi SOSIALISASI  DAN PELATIHAN ePUPNS 2015 versi PPT

Buku Petunjuk :

  1. Petunjuk Bagi Pengguna (User)
  2. Buku petunjuk bagi admin instansi
  3. Buku petunjuk pengguna sistem helpdesk
Formulir-formulir :

Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...