Beberapa Duduk Kasus Seputar Instalasi Dapodikdas 4.00 Dan Solusinya

Beberapa problem seputar instalasi dapodikdas  Beberapa problem seputar instalasi dapodikdas 4.00 dan solusinya

Pendataan Data Pokok Pendidikan Dasar pada tahun pemikiran 2015/2016 akan dikawal oleh versi gres dari Aplikasi Dapodikdas. Memasuki perjalanan pendataan memakai Aplikasi Dapodikdas tahun yang ke-4, Aplikasi Dapodikdas menyajikan pengalaman memakai aplikasi yang segar dan baru.

Aplikasi Dapodikdas meluncurkan versi 4.0 dengan gaya dan tampilan baru. Fitur koordinat lokasi, validasi, dan tambah akseptor didik di versi ini disajikan dengan berbeda untuk menghadirkan pengalaman memakai aplikasi yang lebih baik. Dalam sajian pendaftaran akseptor didik ditambahkan kolom gres untuk kebutuhan Ujian Nasional. Proses mutasi akseptor didik serta tambah akseptor didik tingkat Sekolah Menengah Pertama mengalami pemutakhiran, dimana Aplikasi Dapodikdas akan didukung pula oleh kemudahan mutasi/tambah gres akseptor didik secara online melalui website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

Sebagai aplikasi generasi gres banyak problem yang dialami oleh OPS ketika melaksanakan instalasi, diantaranya :

Kepala sekolah belum dipilih 

solusinya :
  1. buka tab PTK
  2. Jika tidak ada perubahan data PTK dari semester sebelumnya Pilih action menu
  3. Pilih salin penugasan
  4. Refresh atau tekan tombol F5

Sekolah tidak mendapatkan BOS

Salah satu pembaharuan pada dapodikdas generasi ke-4 ini yaitu dikuncinya . Hal ini sesuai dengan tawaran dari tim administrasi BOS sentra kepada tim pengembang dapodik pada aktivitas TOT Dapodikdas beberapa waktu yang kemudian di Bogor. Usulan ini muncul alasannya yaitu ketika pada versi 3.03 banyak kasus yang muncul tanggapan human eror, OPS salah klik yang seharusnya bersedia mendapatkan BOS menjadi tidak bersedia mendapatkan BOS. Tentu saja kesalahan ini berakibat fatal. Oleh alasannya yaitu itu pada aplikasi dapodikdas versi 4.00 ini khusus untuk sekolah negeri secara default dilakukan pembaharuan berupa "Penguncian Dapat mendapatkan BOS khusus untuk sekolah negeri".

Pada dikala gres selesai menginstall aplikasi ini, diberanda akan tampil bahwa sekolah tersebut "Tidak bersedia mendapatkan bos" OPS kadang akan galau alasannya yaitu sekolahnya seharusnya bersedia menjadi tidak bersedia. Untuk mengatasi problem ini, caranya yaitu :
  1. Masuk ke tab sekolah
  2. lengkapi isian periodik sekolah 
  3. pastikan isi nya sudah sesuai dengan fakta yang ada 
  4. pastikan tidak ada kolom yang berwarna merah di periodik sekolah 
  5. klik simpan 
  6. tekan f5 / refresh untuk menyegarkan tampilan di beranda

Beberapa data tidak masuk

Pada dikala pendaftaran sesudah melaksanakan instalasi muncul peringatan "Beberapa data tidak masuk", maka solusinya yaitu : 
  1. Download ulang aplikasinya pada laman resmi http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/cms/detail/3 
  2. Lakukan generate ulang prefill 
  3. Lakukan mekanisme instalasi dan pendaftaran menyerupai semula / awal dengan memakai installer aplikasi gres dan prefil baru
  4. Pastikan laptopnya higienis dari virus dan mallware
  5. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.  

Prefill tidak ditemukan

Jika pada dikala  registrasi muncul peringatan "Prefill tidak ditemukan", ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya yaitu :
  1. Kode pendaftaran telah direset oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota. Jika kemungkinan ini yang terjadi solusinya yaitu dengan jalan menghubungi KK Datadik setempat untuk meminta arahan registrasinya
  2. Nama file prefill ada pelengkap contohnya b4f6097e58c28a37543ac8653a0ba292(copy 1). Ini terjadi jikalau download prefill lebih dari satu kali dan prefill hasil download sebelumnya tidak dihapus. Oleh alasannya yaitu itu goresan pena pelengkap pada nama file prefill itu harus dihapus sehingga menjadi b4f6097e58c28a37543ac8653a0ba292
  3. Nama folder prefill_dapodik di lokal c tidak tepat contohnya "prefil_dapodik" (kurang abjad l satu). Maka solusinya yaitu prebaiki nama folder tersebut kemudian copykan file prefill ke dalamnya gres melaksanakan registrasi.
  4. Jika Kode Registrasi Tidak Ditemukan dikala Registrasi, kemungkinan salah nyimpan prefill atau prefill nya kosong, pastikan prefill simpan di Drive C:prefill_dapodik, atau sanggup saja pada ujung prefill ada sisipan (1) atau berikutnya alasannya yaitu download prefill lebih dari satu kali, silahkan hapus sisipannya.
  5. karena melaksanakan pendaftaran lebih dari sekali .... alasannya yaitu menganggap pendaftaran pertama tidak berhasil (tdk muncul notifikasi berhasil) padahal prefill di folder prefill_dapodik sudah lenyap dan masuk dalam sistem. Untuk kasus ini cobalah dengan login saja, bila berhasil berarti pendaftaran sukses namun alasannya yaitu perangkat "sakit" sehingga tidak lekas menampilkan notifikasi pendaftaran berhasil yg menampilkan nama sekolah dan arahan registrasi. 
  6. sistem operasi (OS) yang sudah bermasalah, antara lain munculnya drive B: di Computer tanggapan backup system dari aplikasi yg tdk tepat atau tanggapan lain yg merusak OS sehingga menjebak/menjerumuskan/membelokan arah pencarian ketika simpan registrasi. Solusi : instal OS (windows) dan aplikasi

Tampilan V. 4.00 sama dengan versi sebelumnya

  1. tekan CTRL + f5 
  2. setelah melaksanakan cara 4a tapi tidak berubah juga, berrarti aplikasi usang belom di unistall / aplikasi V4 belum di install

Terdapat kesalahan dikala hendak pendaftaran : tidak sanggup koneksi dengan database

Beberapa problem seputar instalasi dapodikdas  Beberapa problem seputar instalasi dapodikdas 4.00 dan solusinya
  1. coba cek services.msc , pastikan semua service dapodik sudah jalan, terutama yang DAPODIKDASDB
  2. kalau cara a tidak mempan, coba re-install Dapodiknya , disarankan lebih baik reinstall dengan memakai downloadan terbaru yang besarnya lebih dari 41mb

Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...