Rahasia Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Dari Kecil

Rahasia Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Dari Kecil
Gambar :pspi.upi.edu

Rahasia Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Dari Kecil-Setelah berdiskusi bersama orang tua ternyata banyak juga dari sahabat saya yang sulit menumbuhkan minat baca pada anak. Padahal membaca menjadi jendela dunia dan bisa membuat masa depan baik, pernah dengar pepatah yang bilang

* apa yang anda baca akan menentukan masa depan anda*.

Saya sependapat dengan pendapat tersebut, membaca sangat penting dan bermanfaat buat anak dengan membaca juga akan menambah pengetahuan pada anak, sebagai orang tua yang sudah mempunyai anak menjadi masalah tersendiri saat harus menumbuhkan minat baca terhadap anak.

Apapun cita cita anak membaca akan membantu meraihnya. Sahabat semua terutama ayah ibu jangan panic jika anak sulit membaca semua bisa kita coba dengan perlahan , bagian terpenting agar anak mau membaca adalah memberikan contoh pada anak.

Bagaimana bisa membuat anak minat dalam membaca sedangkan orang tua tidak memberikan contoh terhadap anak. Yu kita bahas bebrapa cara agar anak mau membaca,

1.   Saat Anak Dalam Kandungan Seringlah Membaca

Saat anak masih dalam kandungan dalam islam selalu di anjurkan untuk membaca ayat sucu alquran, hal ini memang menjadi sebuah kewajiban bagi keluarga kami karena manfaat membaca alquran sangat banyak. Dan di waktu senggang seorang ibu hamil sangat bagus membaca bacaan yang bermanfaat dan ringan karena bica membuat ikatan ibu dan anak semakin baik, dapat menenangkan bayi,dll
Dengan membaca saat anak dalam kandungan insya allah aka nada manfaat untuk anak saat anak lahir nanti, bisa ibu dan bapak praktikan sendiri. Banyak juga beberapa dokter yang menyarankan membaca saat hamil dibandingkan dengan bermalas malasan karena  biasanya ibu hamil mempunyai tingkat kelelahan yang besar.

2.  Hadiahi Anak Anda buku

Memberikan anak hadiah berupa buku saat masih kecil akan membuat anak lebih dekat  dengan dunia baca. Memang  Saat anak masih kecil mereka belum bisa membaca hanya bisa melembar dan merobek buku, ibu bapak dan sahabat semua jangan salah dengan memberikan hadiah buku akan membiasakan anak mengerti akan pentingnya membaca

3.  Ceritakan dongen pada anak

Biasakan memberikan cerita pada anak dengan cerita yang baik dan bermanfaat seperti kisah nabi dan sejarah.  Sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk bercerita pada anak. Dengan membaca cerita akan menambah pengetahuan pada anak secara tidak langsung. Siapkan beberapa cerita untuk dibacakan pada anak dari buku yang telah kita beli sebelumnya.

4. Ajak Anak Anda Untuk  Bercerita 

Karena seringnya membacakan dongen pada anak. Coba kita ajak anak untuk bercerita tentang dongeng yang selalu kita bacakan menjelang anak tidur. Hal tersebut bisa mengasah ingatan sekaligus membuat anak menjadi lebih merasa di perhatikan dan merasa di hargai.

5. Wisata Ke toko buku

Saat menjakan anak untuk berbelanja pada akhir pecan, bisa kita siasati dengan mengajak anak ke took buku untuk membeli buku dan jalan-jalan. Mungkin banyak dari orang tua hanya mengajakn anaknya untuk sekedar berbelanja. Beri kesempatan anak memilih buku yang dia sukai dan dengan pengawasan orang tua

6. Jangan pernah memaksa anak

menumbuhkan minat baca pada anak jangan pernah dengan paksaan, kesulitan menumbuhkan minat baca pada anak menjadi masalah banyak orang tua, untuk menumbuhkan minat baca pada anak bisa dengan sedikit sedikit tanpa ada paksaan. Minat baca pada anak yang tumbuh dengan sendirinya  tanpa ada paksaan akan bertahan lama.

7. Mulai dari diri sendiri

Buatlah diri anda sebagai contoh. Sebelum minat baca bisa diterapkan pada anak harus dimulai dari diri sendiri sehingga anak bisa mencontoh orang tuanya yang mempunyai minat baca.

8. Mengetahui  buku favorit

Sebagai orang tua sudah seharusnya mengetahui buku apa yang menjadi favorit anak sehingga anak menjadi semangat dalam membaca buku, memilih buku favorit harus sesuai dengan usia mereka.

Membaca adalah hal yang sangat penting untuk anak jadi untuk menumbuhkan minat baca terhadap anak bisa dimulai dari sekarang.  Ibu dan bapak bisa mencoba beberapa point di atas untuk bisa menumbuhkan minat baca pada anak.
Sebagai tenaga pendidik pun sudah menjadi kewajiban untuk menumbuhkan minat baca pada anak didiknya,bebrapa hal di atas bisa di coba di sekolah seperti menyuruh anak membacakan cerita di depan murid yang lain. Mengajak anak didik keperpustakaan.
Semoga bermanfaat dan janga lupa share artikel nya supaya informasi ini bisa dibaca oleh orang banyak

Subscribe to receive free email updates:

loading...