Penulisan Butir Soal Untuk Tes Perbuatan

Tes perbuatan atau tes praktik merupakan suatu tes yang penilaiannya didasarkan pada erbuatan/praktik penerima didik. Sebelum menulis butir soal untuk tes perbuatan, guru sanggup mengecek dengan pertanyaan berikut. Tepatkah kompetensi (yang akan diujikan) diukur dengan tes tertulis? Jika jawabannya tepat, kompetensi yang bersangkutan tidak sempurna diujikan dengan tes perbuatan/praktik.

Dalam menilai perbuatan/kegiatan/praktik penerima didik sanggup dipakai beberapa jenis penilaian perbuatan di antaranya ialah penilaian kinerja (performance), penugasan (project), dan hasil karya (product).

 Tes perbuatan atau tes praktik merupakan suatu tes yang penilaiannya didasarkan pada erbu Penulisan Butir Soal Untuk Tes Perbuatan
Penilaian unjuk kerja pada mata pelajaran Penjaskes

Kaidah Penulisan Butir Soal Tes Perbuatan

Dalam menulis butir soal untuk tes perbuatan, penulis soal harus mengetahui konsep dasar penilaian perbuatan/praktik. Maksudnya pernyataan dalam soal harus disusun dengan pernyataan yang betul-betul menilai perbuatan/praktik, bukan menilai yang lainnya.

Penilaian kinerja merupakan penilaian yang meminta penerima didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Dalam menulis butir soal, perhatikan terlebih dahulu kompetensi dari bahan yang akan ditanyakan. Penilaian penugasan merupakan penilaian kiprah (meliputi: pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian, dan penyajian data) yang harus diselesaikan penerima didik (individu/kelompok) dalam waktu tertentu. Aspek yang dinilai di antaranya mencakup kemampuan (1) pengelolaan, (2) relevansi, dan (3) keaslian.

Penilaian hasil karya merupakan penilaian keterampilan penerima didik dalam menciptakan suatu produk benda tertentu menyerupai hasil karya seni, misal lukisan, gambar, patung, dll. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: mekanisme kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya. Di samping itu, guru sanggup memperlihatkan penilaian pada pembuatan produk rancang bangun/perekayasaan teknologi sempurna guna contohnya melalui: (1) adopsi, (2) modifikasi, atau (3) difusi.

Kaidah penulisan soal tes perbuatan ialah menyerupai berikut.
A. Materi
  1. Soal harus sesuai dengan indikator (menuntut tes perbuatan: kinerja, hasil karya, atau penugasan).
  2. Pertanyaan dan tanggapan yang dibutuhkan harus sesuai
  3. Materi sesuai dengan kompetensi (urgensi, relevansi, kontinuitas, keterpakaian sehari-hari tinggi).
  4. Isi bahan yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
B. Konstruksi
  1. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut tanggapan perbuatan/praktik.
  2. Ada petunjuk yang terperinci perihal cara mengerjakan soal.
  3. Disusun pedoman penskorannya.
  4. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan terperinci dan terbaca
C. Bahasa/Budaya
  1. Rumusan kalimat soal komunikatif
  2. Butir soal memakai bahasa Indonesia yang baku.
  3. Tidak memakai kata/ungkapan yang menjadikan penafsiran ganda atau salah pengertian.
  4. Tidak memakai bahasa yang berlaku setempat/tabu.
  5. Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang sanggup menyinggung perasaan penerima didik.
Penulisan Soal Penilaian Kinerja (Performance Assessment)
Penilaian kinerja merupakan penilaian yang meminta penerima didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Dalam menulis butir soal,perhatikan terlebih dahulu kompetensi dari bahan yang akan ditanyakan.

Contoh soal Penilaian Kinerja pada mata pelajaran Penjaskes

“Lakukan teknik dasar menendang, menghentikan bola dengan kaki bab dalam, luar, telapak kaki dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik !”

 Tes perbuatan atau tes praktik merupakan suatu tes yang penilaiannya didasarkan pada erbu Penulisan Butir Soal Untuk Tes Perbuatan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja penerima ujian, dengan rentang nilai antara 1 hingga dengan 4

 Tes perbuatan atau tes praktik merupakan suatu tes yang penilaiannya didasarkan pada erbu Penulisan Butir Soal Untuk Tes Perbuatan

Penulisan Soal Penilaian Penugasan (Project)

Penilaian penugasan merupakan penilaian kiprah (meliputi: pengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian, dan penyajian data) yang harus diselesaikan penerima didik (individu/kelompok) dalam waktu tertentu. Adapun aspek yang dinilai di antaranya mencakup kemampuan (1) pengelolaan, (2) relevansi, dan (3) keaslian.

Penulisan Soal Penilaian Hasil Karya (Product)

Penilaian hasil karya merupakan penilaian keterampilan penerima didik dalam menciptakan suatu produk benda tertentu menyerupai hasil karya seni, misal lukisan, gambar, patung, dll. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: mekanisme kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya.

Di samping itu, guru sanggup memperlihatkan penilaian pada pembuatan produk rancang bangun/perekayasaan teknologi sempurna guna contohnya melalui: (1) adopsi, (2) modifikasi, atau (3) difusi.

Referensi : PANDUAN PENULISAN BUTIR SOAL , BSNP Kemdikbud, 2010

Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...