Download Aplikasi Penskoran Dan Pemeringkatan Pengukuhan Sekolah Ver2.4

Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan pengakuan ialah perangkat lunak yang berfungsi melaksanakan otomasi penilaian pengakuan dari pengisian instrumen akreditasi. Proses kalkulasi pengakuan dilakukan sesuai dengan memakai formula yang baku. Pengguna cukup melaksanakan pemilihan instrumen sesuai dengan program/satuan pendidikan, kemudian melaksanakan pengisian instrumen di aplikasi dengan cara membaca instrumen dan menentukan opsi sesuai fakta. Aplikasi akan menghitung nilai pengakuan dari data-data dan opsi yang dipilih oleh pengguna aplikasi.

Untuk sanggup menjalankan Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi, pengguna membutuhkan spesifikasi komputer sebagai berikut:

Minimal:

Prosesor Kelas Pentium 3
Memori 256 MB
Resolusi Monitor minimal 1024 x 768
Kapasitas Sisa Hardisk 40 MB

Rekomendasi:

Prosesor Kelas Pentium 4
Memori 1 GB
Resolusi Monitor minimal 1024 x 768
Kapasitas Sisa Hardisk 40 MB

Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi berjalan di atas Java Runtime Environment (JRE). Untuk sanggup menjalankan aplikasi, Java harus sudah terinstal di komputer pengguna.

Pada dasarnya, Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi sanggup berjalan di aneka macam sistem operasi yang telah terinstal Java, alasannya ialah aplikasi Java mempunyai portabilitas yang baik. Aplikasi Penskoran sudah diujikan di atas Sistem Operasi Windows XP, Windows 7 dan Linux Ubuntu.

Versi JRE yang dipakai aplikasi minimal versi 1.6.0. JRE terbaru sanggup diunduh dari website Java di http://java.sun.com

Berbeda dengan aplikasi skoring versi lalu, versi terkini aplikasi skoring tidak memerlukan proses instalasi secara khusus. File aplikasi berbentuk file zip. Untuk memakai aplikasi, pengguna tinggal mengekstrak file tersebut ke direktory yang diinginkan. Bahkan jikalau diinginkan pengguna sanggup mengekstrak aplikasi di media portable menyerupai USB Flash Disk. Dengan memakai metode ini aplikasi sanggup dibuka di komputer mana pun sesuai cita-cita pengguna tanpa perlu repot melaksanakan instalasi.

Proses pengekstrakan sanggup dilakukan dengan memakai aplikasi ekstraktor yang biasanya sudah terdapat pada komputer menyerupai winzip, winrar atau 7z. Setelah diekstrak, folder aplikasi sanggup dipindah ke folder lain sesuai dengan cita-cita pengguna. Atau folder aplikasi sanggup dikopi ke USB Flash Disk menyerupai disebut diatas sehingga sanggup dibawa-bawa. Setelah diekstrak, sekarang aplikasi telah siap digunakan.

Proses uninstalasi aplikasi sanggup dilakukan cukup dengan menghapus folder aplikasi.

Penggunaan Aplikasi

Aplikasi sanggup dimulai dengan membuka direktori memakai file exploler kemudian mengklik ganda file run.bat bagi pengguna windows atau file run.sh bagi pengguna linux. Java harus sudah terinstal sebelum memulai aplikasi. Aplikasi tidak akan berjalan bila java belum terinstal. Untuk mempermudah pengguna memulai aplikasi di lain waktu, pengguna sanggup menciptakan shortcut aplikasi dengan mengklik kiri file run.bat dan menentukan send to à Desktop(create shortcut). Sehingga bila ingin memulai aplikasi di lain waktu, pengguna tinggal menklik ganda shortcut di desktop tanpa harus membuka file exploler.

Jendela utama aplikasi terbagi menjadi 2 bab yang dipisahkan oleh sebuah separator yang sanggup digeser-geser sesuai keperluan.
 Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan pengakuan ialah perangkat lunak yang berfungsi mel Download Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi Sekolah ver2.4
Interface Aplikasi-Skoring-ver2.4

Pada bab kiri separator terdapat beberapa tombol. Tombol reset berfungsi untuk merestart aplikasi dari awal. Tombol keluar berfungsi untuk keluar dari aplikasi. Tombol about membuka panel gosip aplikasi. Tombol pengaturan untuk mengatur beberapa fitur komplemen aplikasi menyerupai tampilan dan send email.

Pada bab kanan separator ialah bab utama di mana akan tampil aneka macam panel kawasan pengguna berinteraksi selama proses pengisian data dan instrumen. Navigasi di jendela utama ini dilakukan dengan menekan tombol

Pilihan sajian utama yang tersedia ialah Mulai Baru, Buka File, Cetak dan Bandingkan.

Mulai Baru

Sesuai dengan nama pilihan sajian pertama ini sanggup dipakai jikalau pengguna ingin memulai perhitungan skoring dari awal. Setelah menekan Mulai Baru, pengguna harus menentukan apakah ia seorang asesor yang akan melaksanakan penilaian terhadap suatu sekolah atau apakah ia ialah pihak sekolah yang ingin memanfaatkan aplikasi untuk menghitung pengakuan sekolah sebagai materi penilaian diri

Buka File

Dengan fitur penyimpan data, pengguna aplikasi skoring sanggup senantiasa menganalisa dan menghitung ulang hasil skoring pengakuan yang pernah dilakukan. Hal ini sanggup dilakukan dengan membuka data yang telah disimpan sebelumnya

Cetak File

Jika pengguna hanya ingin melihat dan atau mencetak hasil kalkulasi yang pernah dilakukan sanggup membuka file untuk cetak di sajian cetak file di halaman muka aplikasi skoring. Urutan langkahnya adalah, membuka sajian cetak, menentukan file yang akan dicetak. Menyimpan atau mencetak file yang telah dibuka.

Bandingkan

Tujuan utama aplikasi skoring ialah untuk mempermudah perhitungan skoring pengakuan dan mempermudah analisa hasil perhitungan. Salah satu analisa yang mungkin akan banyak dipakai ialah membandingkan hasil isian pengakuan yang dilakukan oleh asesor dan oleh sekolah pada satu sekolah tertentu. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut. Pertama masuk ke halaman muka awal aplikasi. Pilih sajian Bandingkan. Akan keluar jendela dialog. Pilih file isian asesor. Lalu pilih file isian sekolah. Pastikan kedua file yang dipilih ialah hasil isian skoring dari sekolah dan satuan pendidikan yang sama. Aplikasi tidak akan membandingkan hasil perhitungan skoring sekolah atau satuan pendidikan yang berbeda.

Hasil perhitungan pengakuan yang dilakukan aplikasi penskoran akan disimpan dalam sebuah file . File ini kelak akan dikirimkan ke sentra baik secara manual atau otomatis. Untuk pengguna aplikasi asesor, aplikasi sanggup mengirim eksklusif hasil pengakuan via email ke server email propinsi. Meski fitur sepenuhnya belum diimplementasikan, untuk fitur pengiriman sanggup diuji coba dengan membuka sajian pengaturan dan mengisi data email milik pengguna dan data alamat email ke mana hasil pengakuan ini akan dikirim. Pengguna harus mengisi username dan password email.

Tekan tombol navigasi utama, dan pada karenanya pengguna datang di bab epilog aplikasi. Tekan keluar untuk mengakhiri proses penskoran. Atau jikalau ingin mengulang, pengguna sanggup menekan tombol mengulang di panel kiri aplikasi.

Download :

Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...