Pemanfaatan Information Technology (IT) Untuk Kemajuan Pendidikan


Pemanfaatan Information Technology (IT) Untuk  Kemajuan Pendidikan


Information Technology (IT) sekarang ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, tanpa kita sadari kita tidak lepas dari yang namanya Information technology (IT),IT menjadi bagian penting dalam pengembangan suatu bidang dan pekerjaan, hampir semua bidang pekerjaan sudah memakai Information technology (IT) begitupun dalam dunia pendidikan. 


Dalam pendidikan sekarang ini Information technology (IT) menjadi bagian penting dan menjadi alat yang baik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di rumah dan disekolah. Dengan IT ini dapat mempermudah dalam pelaksanaan pengumpulan tugas,analisa dll. Perkembangan teknologi yang semakin pesat memaksa kita untuk mengikuti arah jaman. Mau tidak mau siap tidak siap semua perkembangan tersebut harus di ikuti supaya pendidikan kita bisa bersaing.

Kendala yang banyak di hadapi adalah kurang meratanya akses technologi di Negara kita. Untuk perkotaan memang mudah mengakses Information technology (IT) dan fasilitas tetapi jauh berbeda dengan di daerah yang serba terbatas di tambah SDM yang belum siap. Semua itu menjadi rintangan tersendiri untuk para tenaga pendidik.dan tidak menjadi alasan untuk tidak memperkenalkan Information technology (IT) kepada para murid.


Beberapa hal yang bisa di lakukan dengan memanfaatkan Information technology (IT)


  • Information technology (IT) dapat dijadikan model pembelajaran yang menyenangkan dan baik untuk kegiatan belajar mengajar.pembelajaran dengan IT membuat interaksi antara murid dan guru akan lebih baik dan menyenangkan. Contoh sederhana :Jika biasanya murid hanya bisa melihat gambar dan itupun lewat buku dengan IT dan multimedia murid bisa melihat berupa video. 

  • Dapat dijadkan sumber ilmu dan pembelajaran. Dengan IT akan mempermudah mencari informasi yang di butuhkan.baik untuk murid ataupun tenaga pendidik, banyaknya informasi yang di peroleh dengan mudah diharapkan bisa memperbanyak pengetahuan

  • TI dapat membuat tenaga pendidikan lebih professional dan lebih mengenal technologi dalam pemanfaatan untuk kegiatan belajar mengajar.


Memaksimalkan Fasilitas Gratis Dalam IT Untuk Mendukung Pembelajaran

1. Sosial Media

Sosial media dalam pengertian sederhana adalah alat / media untuk berbagi dan bersosialisai.
Social media seperti FACEBOOK,TWITTER,G PLUS, bisa di manfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar. Apalagi Indonesia menjadi Negara terbanyak dalam mengakses sosmed. Dalam hal pemanfaatan sosmed bisa berupa membuat grup belajar seperti fasilitas yang ada di facebook dan g plus. Dengan grup belajar yang di buat di sosmed nantinya bisa memberikan artikel berupa pembelajaran,tugas dan Tanya jawab seputar pelajaran.

2. E mail

E-mail adalah  singkatan dari Elektronic Mail yang artinya  adalah  surat menyurat dalam dan melalui Internet. 
Email  bisa di buat dengan gratis bisa di manfaatkan dalam mengirim tugas kepada murid. Dengan email juga sebagai tenaga pendidik bisa mengirim berupa artikel dan tulisan mengenai pembelajaran lewat email.email adalah bagian terpenting dalam memanfaatkan IT. Karena kebanyakan fasilitas yang bisa digunakan di internet mewajibkan penggunanay untuk mempunyai email. Untuk email yang terpopuler bisa menggunakan GMAIL,YAHOOMAIL.

3. Blog/Web

Blog / Web. Pada dasarnya adalah merupakan dari bagian situs website yang dapat diakses secara online. Blog / Web memiliki fungsi utama untuk memuat sebuah tulisan-tulisan dan gambar (Tulisan dan artikel yang dimuat dalam sebuah postingan)
Blog menjadi sarana yang paling baik dalam hal memberikan informasi baik berupa tulisan,gambar dan video. Pemanfaatan blog sudah banyak dilakukan baik untuk pendidikan dan yang lainnya. Blog menjadi tempat berbagi informasi yang paling banyak dilakukan.pembuatan blog bisa memanfaatkan situs seperti BLOGSPOT,WORDFRESH,WEEBLY. Seperti blog http://dapodikblog.blogspot.com ini adalah sebuah blog yang di buat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para operator dan tenaga pendidik, dalam pembuatan blog tidak sulit yang penting ada keinginan. Sudah banyak artikel cara membuat blog di internet yang bisa di pelajari, 

Masih banyak fasilitas gratis yang bisa kita manfaatkan untuk sarana kegiatan belajar mengajar. Yang terpenting dari pemanfaatan IT adalah tetap mengedepankan bertatap muka. Karena IT hanya alat pendukung dan yang paling baik adalah kegiatan tatap muka antara peserta didik dan tenaga pendidik.

IT bisa dimanfaatkan untuk lebih memaksimalkan system pembelajaran yang sudah ada, dengan pemanfaatan IT ini dunia pendidikan khususnya di Negara kita bisa berkembang lebih baik dan mampu bersaing dengan Negara lain. 


Subscribe to receive free email updates:

loading...