Mengenal E-Learning Untuk Pembelajaran


Dalam kemajuan teknologi sekarang ini,siap atau pun tidak pendidikan sudah seharusnya kita harus mengikuti jaman dan teknologi yang terbaru. Dan dari sekian banyak teknologi yang akan saya bahas adalah E-Learning. E-Learning merupakan suatu pembelajaran Electronic Learning dimana system yang digunakan adalah media electronic dan internet.


Di Indonesia E-Learning sudah banyak di terapkan di berbagai sekolah khususnya perguruan tinggi dan tingkat smp sampai sma/smk. Tetapi sayangnya tidak semuasekolah bisa mendapatkan fasilitas dan bisa melakukan pembelajaran E-Learning ini. hanya untuk beberapa sekolah yang terpilih saja  yang bisa menikmati fasilitas tersebut.karena bebrapa faktor geografis dan pemerataan akses internet yang belum baik. Itu menjadi pekerjaan dari kita semua dan bukan hanya tugas dari pemerintah.

Akses internet dan kemajuan tiap daerah yang berbeda yang membuat E-Learning tidak bisa dilakukan merata di semua daerah . apalagi letak geografis Indonesia yang sangat luas dan dari berbagai kepulauan, kita semua tau akses internet yang belum merata dan mahal menjadi masalah besar.

E-Learning ini mempunyai banyak manfaat untuk guru dan siswanya,
E-Learning sangat efektif untuk membantu proses pembelajaran,karena  dengan E-Learning pembelajaran bisa dilakukan tanpa bertemu di tempat yang sama tetapi bisa dilakukan dimanapun selagi ada koneksi internet yang memadai dan adanya fasilitas seperti laptop/pc.

Manfaat E-Learning Untuk Guru Dan Murid


  1. dengan mudah memperbarui system pembelajaran dan pengetahui sesuai dengan keadaan dan informasi yang terbaru
  2. dapat dengan mudah melakukan penelitian dan pengembangan
  3. mengeontrol semua kegiatan anak didik dengan mudah.

Karena itu tidak ada salahnya pembelajaran E-Learning harus mulai dilakukan untuk membantu pendidikan di Indonesia, diharapkan dengan system seperti ini para siswa mempunyai minat tinggi terhadap pelajaran karena menggabungkan teknologi sebagai medianya. Selain memperkenalkan teknologi yang terbaru siswa juga bisa sambil belajar.Akses informasi akan semakin baik jika system pembelajaran seperti ini dapat dilakukan dengan baik. E-Learning mempunyai manfaat yang besar terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Beberapa Kekurangan E-learning

Sebaik apapun suatu system pasti ada kekurangannya bukan.
Dalam pembelajaran berbasis e-learning, untuk faktor kehadiran guru atau pengajar secara  otomatis akan menjadi berkurang atau bahkan sama sekali tidak ada. Jelas Hal ini disebabkan oleh karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan beberapa panduan-panduan elektronik yang sudah  dirancang oleh “contents writer”,.
Walau bagaimanapun pertemuan bertatap muka akan lebih baik di banding menggunakan metode apapun, beratatp muka akan mendekatkan sosok seorang pengajar terhadap para anak didiknya. Dan diharapkan E-Learning hanya sebagai pelengkap sebuah metode belajar dan bukan menjadi patokan,

Beberapa website e - Learning yang bisa di coba

  • http://www.ilmukomputer.com
  • http://www.pesonaedu.com
  • http://www.fisikanet.lipi.go.id


Subscribe to receive free email updates:

loading...