Apa Yang Dimaksud “Versi Beta” Pada Isu Ptk 2015 ?

 Pengumuman itu sontak menciptakan para Operator Sekolah yang kebetulan sedang online menjadi  Apa yang dimaksud “Versi Beta” pada Info PTK 2015 ? Kamis malam 26 Februari 2015, Bp. Nazarudin mengumumkan lewat akun facebooknya :” Malam ini info PTK akan di tampilkan..Uji coba stored procedure.” Pengumuman itu sontak menciptakan para Operator Sekolah yang kebetulan sedang online menjadi ramai.

Beragam komentar bermunculan. Umumnya ramai dengan keluhan mulai dari tidak sanggup diakses hingga data yang masih merah-merah, padahal mereka merasa sudah mengentri data pada aplikasi dengan benar. Semua komentar bernada keluhan itu ditanggapi secara umum “masih versi beta”.

Apa sih versi beta itu ?

Versi beta ialah suatu hasil ekpsrimen untuk produk gres yang diluncurkan kepada konsumen sebelum disahkan versi sebenarnya. Makara definisi versi beta sanggup dikatakan suatu pengenalan produk gres kepada pengguna, yang biasanya istilah versi beta atau beta version lebih mengacu pada perangkat lunak atau suatu website. Dalam masa versi beta, segala masukan dan kritik dari konsumen sangat diharapkan untuk menyempurnakan produk gres tersebut, hingga kesudahannya akan dirilis versi bahwasanya atau full version.

Pada sebuah software dikenal beberapa tahapan (versi) yaitu :

  1. Alpha: merupakan bentuk jadwal yang pertama kali jadi
  2. Beta: versi perbaikan dari alpha, tetapi masih banyak bug. kesalahan dalam pemprograman. biasanya didistribusikan untuk mendapat feedback semoga sanggup diketahui kesalahan (bug)nya dan sanggup diperbaiki lagi
  3. RC (Realese Candidate) ; merupakan jadwal yang hampir jadi dan biasanya merupakan cerminan dari jadwal jadinya, di dini terdapat perbaikan tetapi hanya bersifat minor
  4. Versi final: merupakan versi yang sudah sanggup digunakan oleh orang banyak, kalaupun ada bug, biasanya hanya bersifat minor

Kenapa developer (pengembang) membuatkan versi beta ini ? jawabannya sangat sederhana. yaitu hanyalah mengharapkan feedback atau masukan dari para pemakai, baik itu saran kritik bugs atau yang lainnya. Makara tidak heran kalau tim pengembang Info PTK dalam hal ini P2TK Dikdas selalu berusaha mendapat informasi adanya bugs dan masukan-masukan terkait dengan laman Info PTK.

Bug itu sendiri diartikan sebagai kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menjadikan peralatan atau jadwal itu tidak berfungsi semestinya.

Beberapa status Bp. Nazarudin yang berusaha mendapat feedback antara lain :

  1. Yang sanggup login info ptk pakai nik.. Koment disini (27/02/2015: 12.50)
  2. Kalau ada bugs...pada info ptk.. Mohon masukannya disini..
    Atas proteksi dan kerjasamanya saya haturkan Terimakasih...Bugs ya.. Bukan lambat...
    Soalnya dari kemaren hingga malam tadi.. Server info PTK ngesot ditimpukin jalan masuk yg bertubi-tubi..(28/02/2015)
  3. Status verifikasi GTY... Sabar dulu ya... Biarkan saja apa adanya dalam. 1-2 ahad ini... (28/02/2015)

So.. para OPS dan PTK yang ingin mengecek datanya pada Info PTK, kemudian menemukan data yang masih merah alasannya ialah belum valid, jangan cepat-cepat resah dulu. Biarkan dulu server Info PTK berproses. Tunggu beberapa waktu ke depan hingga ada pemberitahuan bahwa Info PTK benar-benar dalam versi final. Yang penting jangan dilupakan mengecek datanya pada aplikasi lokal maupun server dapodikdas, dan pastikan data tersebut sudah benar.


Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...