Pos Un 2015 Terlambat Terbit, Ini Klarifikasi Dari Bsnp

 sampai dikala ini belum diterbitkan oleh BSNP POS UN 2015 terlambat terbit, ini klarifikasi dari BSNP Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2015 sudah semakin dekat. Tidak ibarat tahun-tahun sebelumnya, Prosedur Operasi Standar (POS) sampai dikala ini belum diterbitkan oleh BSNP. Idealnya pada bulan November-Desember 2014 BSNP sudah menerbitkan POS UN 2015, ibarat POS UN tahun 2014 telah ditandatangani oleh ketua BSNP pada tanggal 30 November 2013.

Penerbitan POS Ujian Nasional ini merupakan sesuatu yang penting sebab merupakan dasar dan contoh dalam penyelenggaraan Ujian Nasional. POS UN memuat urutan langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan Ujian S/M/PK dan UN yang ditetapkan oleh BSNP.

Mengenai keterlambatan terbitnya POS UN 2015, BSNP menjelaskan penyebabnya sebab ada perubahan kebijakan dalam UN yang berbeda dengan tahun sebelumnya, salah satunya yakni “UN bukan menjadi penentu kelulusan, dan kelulusan akseptor bimbing dari satuan pendidikan sepenunya diserahkan ke sekolah/madrasah.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa implikasi dari kebijakan ini yakni perlunya dilakukan perubahan atau revisi PP No. 19 tahun 2005 ihwal Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan proses ini sedang berlangsung. Begitu perubahan PP 19 tahun 2005 selesai, maka Permendikbud dan POS UN akan segera ditetapkan dan disosialisasikan

 sampai dikala ini belum diterbitkan oleh BSNP POS UN 2015 terlambat terbit, ini klarifikasi dari BSNP

Sumber screenshot : Group FB Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Seperti diketahui bahwa pada PP No. 19 Tahun 2005 disebutkan bahwa hasil Ujian Nasional dipakai sebagai salah satu pertimbangan untuk penentuan kelulusan akseptor bimbing dari jadwal dan/atau satuan pendidikan (pasal 68 point c), tentunya tidak sesuai dengan kebijakan UN tahun ini.


Sumber http://www.al-maududy.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...