Cara Atau Solusi Mengatasi Pasword atau Username Salah Dapodik Versi 2016

Gagal registrasi dapodik, Pada Registrasi  maupun login, pasword salah atau tak dikenali begitu pun username salah, mewarnai registrasi dapodik 2016 yang ketika ini tengah dan sedang dilakukan rekan-rekan operator sekolah seluruh Indonesia.

Pengguna melaksanakan pergantian autentikasi (reset login) sudah berhasil reset, sudah mampu login manajemen, sudah mampu berhasil generate prefil, sudah berhasil login pelaporan bos, sudah mampu login pembelian buku, dan semua yg terintegrasi SSO Dapodik; namun gagal login ke aplikasi apa sebabnya dan bagaimana solusinya..?
Cara Atau Solusi Mengatasi Pasword atau Username Salah Dapodik Versi 2016

Problem ini disebabkan karena ada pengguna dengan email yang SAMA pada sekolah tersebut dan statusnya aktif namun paswordnya berbeda (disebabkan dahulu pernah melaksanakan registrasi berkali2 dengan email yg sama namun password beda) sedangkan pada database dapodik sekolah hanya dibatasi 1 pengguna unik (1 username/email) sehingga ada kemungkinan pengguna dengan email yg gres saja direset itu tidak berhasil masuk karena masalah duplikasi.

SOLUSI :
- Lakukan penonaktifan pengguna untuk sekolah tersebut (oleh operator dinas kab/kota) dan hanya menyisakan 1 pengguna aktif saja.
- Solusi kedua yaitu tambahkan pengguna gres dengan email BARU yang belum pernah digunaka sebelumnya (ditambahkan oleh dinas kab/kota).
- Solusi ketiga ingat-ingat semua password yang pernah digunakan sebelumnya untuk registrasi aplikasi.

SUMBER EDY VAN HOUTEN

Subscribe to receive free email updates:

loading...