Sejumlah Daerah Ingin Melanjutkan Kurikulum 2013

Pasca ditetapkannya keputusan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan perihal pemberhentian kurikulum 2013, sejumlah tempat ingin tetap menerapkan kurikulum tersebut. Beberapa tempat tersebut diantaranya yakni Jawa Timur, Jawa Barat dan beberapa tempat lainnya.

Di Jawa Barat, beberapa tempat berkomitmen untuk melanjutnya pelaksanaan kurikulum 2013. Mereka secara gotong royong akan mengajukan surat permohonan kepada Menteri Anies semoga diijinkan melakukan kurikulum 2013.

Bagi sekolah yang ingin melanjutkan kurikulum 2013, mereka beralasan bahwa kurikulum tersebut sangat cocok diterapkan alasannya yakni dapat menggali kreatifitas dan daya fikir siswa. Kurikulum 2013 lebih menekankan kepada aktifitas siswa di kelas dan menantang siswa untuk aktif mencari sendiri balasan atas duduk perkara yang dimunculkan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Anies mengeluarkan keputusan perihal kurikulum 2013 antara lain bagi sekolah yang telah melakukan kurikulum 2013 selama 3 semester dipersilahkan untuk melanjutkan pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolahnya, sedangkan sekolah yang gres menerapkan kurikulum 2013 satu semester maka disemester genap tahun fatwa 2014/2015 diharuskan kembali menerapkan kurikulum KTSP 2006.

Bagi guru sendiri, pemberhentian pelaksanaan kurikulum 2013 disikapi secara terbelah. Sebagian menanggapi dengan gembira. Mereka beralasan kurikulum 2013 belum sempurna, terutama masalah penilaiannya yang sangat rumit  dan membebani guru. Sebagian lagi menyesalkan dihentikannya kurikulum 2013 alasannya yakni mereka sudah merasa nyaman melakukan kurikulum tersebut.

Belum diketahui nasib tempat yang ingin melanjutkan kurikulm 2013 tersebut, apakah dijinkan atau tidak oleh Menteri Anies. Namun bagi guru mau dilanjutkan atau tidak yang terpenting alasannya harus logis dan bukan alasannya yakni alasan politis.

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...