Mengatur Margin Dan Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2007

Mengatur margin halaman  dan ukuran kertas yaitu hal yang penting dalam mengelola dokumen. Sebuah dokumen akan tampak rupawan apabila komposisin margin sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan. Bila pengaturan margin dan pengaturan ukuran kertas tidak dilakukan maka saat dokumen di print out kemungkinan besar dokumen  tidak akan beraturan.

Pengaturan margin dan ukuran kertas mampu dilakukan sebelum menulis dokumen atau setelah dokumen akibat ditulis. Bagi anda yang ingin mengatur margin halaman dan ukuran kertas namun belum mengetahui caranya, `Siap Belajar` akan membantu memandu anda untuk mengatur margin dan ukuran kertas di MS Words 2007.

Inilah langkah-langkahnya:

1. Pastikan anda telah membuka MS. Word 2007. Tampilan MS Word 2007 akan tampak ibarat gambar di bawah ini. Lihat barisan menu kafe horisontal yang ada di sebelah atas. klik `Page layout`.


2. Selanjutnya cari menu `Page setup` yang letaknya ada di bawah menu `Page layout`. Kemudian klik tanda panah yang ada di ujung sebelah kanan menu `page setup`(seperti yang terlihat pada gambar di bawah)'


3. Akan muncul kotak ibarat gambar di bawah. Disana ada kolom berisi goresan pena `Top (atas), Bottom (bawah), Left (kiri) dan right (kanan)`. Ganti ukuran margin halaman dengan cara mengklik tanda panah yang ada di ujung kolom. Panah atas menambah ukuran margin, panah bawah mengurngi ukuran margin. Atau mampu juga eksklusif mengganti angka ukuran margin dengan cara menghapus angka yang ada dan diganti sesuai kebutuhan.

4. Selanjutnya klik `Paper` untuk mengatur ukuran kertas. Pada ujung kotak sebelah kanan , klik tanda panah untuk memilih jenis kertas yang diperlukan. Klik diatas nama jenis kertas yang dipilih sehingga goresan pena menjadi biru.

5. Tidak semua jenis kertas ada di daftar kertas, misalnya kertas HVS/F4. Untuk memilih kertas yang tidak ada didaftar, gulir nama daftar nama kertas sampai ke bawah . Klik `kustom size` yang ada di daftar paling bawah.

6. Selanjutnya ubah ukuran kertas dengan cara mengklik panah di ujung kolom atau eksklusif mengganti angka yang tertera. Width untuk lebar kertas dan height untuk panjang kertas. Untuk kertas HVS, weightnya tetap 21 dan heightnya ganti dengan angka 33.

7. Setelah semua akibat klik `Ok` dan selesailah pengaturan margin dan ukuran kertas di MS Word 2007.


Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...