Cara Pendaftaran Pajak secara Online

Setiap tahun wajib pajak, baik orang langsung maupun tubuh hukum harus memberikan SPT Tahunan kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Diupayakan wajib pajak tidak terlambat melaporkan SPT Tahunan alasannya yakni apabila terlambat akan kena denda sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 ihwal Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP).

Pada Tahun 2015 ini pemerintah melalui Dirjen pajak memperlihatkan batas penyampaian pajak hingga tanggal 31 maret 2015.  Apabila wajib pajak terlambat melaporkan SPT Tahunan akan kena denda Rp. 100.000 bagi wajib pajak perorangan dan Rp 1.000.000 bagi tubuh hukum (  http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/03/12/0616002/Ini.Sanksi.jika.Telat.Laporkan.SPT.Pajak.Tahunan. )

Namun jangan berkecil hati dulu, sekarang pelaporan SPT Tahunan dan  juga pembayaran pajak dapat dilakukan secara online. Pemerintah melalui Dirjen pajak membuat layana online untuk perpajakan yang berjulukan DJP Online. Bagi wajib pajak yang berminat melaksanakan pendaftaran di DJP online dapat melaksanakan pendaftaran DJP online di alamat ini : https://djponline.pajak.go.id/registrasi

Untuk melaksanakan pendaftaran di DJP Online wajib pajak harus memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) yang didapat dari kantor pajak terdekat. Untuk lebih jelasnya lihat  tatacara pendaftaran layanan DJP online di bawah ini;

1. Masuk ke halaman : https://djponline.pajak.go.id/registrasi . Masukan NPWP dan EFIN di kotak isian yang masih kosong. Tulis pula instruksi keamanan yang terlihat dengan benar. Setelah tamat klik menu verifikasi di sebelah bawah halaman. Lanjutkan dengan mengisi data yang diminta. Apabila pendaftaran berhasil anda akan memerima email konfirmasi.



2. Buka alamat email yang telah didaftarkan di laman pendaftaran tadi dan kemudian print out atau catat identitas pengguna dan kata sandi untuk nanti digunakan untuk login di DJP Online. Selanjutnya melaksanakan aktivasi dengan cara mengklik link yang ada di sebelah bawah.
3. Bila aktivasi berhasil anada akan dibawa kehalaman ibarat di bawah ini.

4. Selamat anda telah berhasil mendaftar di DJP Online. Sekarang tinggal login di DJP online untuk melaporkan SPT Tahunan anda. 


Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...