Tahun 2015 Pemerintah Tidak Melaksanakan Tes CPNS

Untuk tahun 2015 pemerintah tidak akan melakukan tes CPNS.  Kebijakan tersebut tertuang dalam surat Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi bernomor B/2163/M.PAN/06/2015 yang ditandatangani pada tanggal 30 Juni 2015. Kebijakan ini dilakukan mengingat masih banyak kementerian/lembaga dan pemerintah kawasan yang belum menyelesaikan kewajibannya  dalam analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) dengan benar, serta perencanaan kebutuhan pegawai dalam 5 tahun.

Kebijakan ini tentu sangat mengecewakan bagi sebagian kalangan, terutama para honorer yang sudah lama mengabdi di lembaga pemerintahan. Mereka sangat berharap bahwa pengisian sisa kuota Honorer K2 tahun 2014 ( yang tidak terisi karena banyak honorer bodong yang lulus CPNS kemudian dianulir ) biar segera dilaksanakan.

Dilain pihak para lulusan perguruan tinggi tinggi yang gres lulus pun sangat menunggu kesempatan ini. Hal ini disebabkan karena peluang kerja untuk para lulusan sarjana masih sangat sedikit sehingga pekerjaan sebagai PNS masih sangat diminati oleh sebagian besar sarjana.

Penundaan pelaksanaan tes CPNS tahun 2015 juga sangat berdampak pada ketersedian tenaga PNS khususnya PNS guru yang sudah sangat kekurangan di beberapa daerah. Apabila tidak segera diantisipasi maka akan terjadi kelangkaan tenaga PNS guru di segala tingkatan. Hal ini disebabkan sebagian besar guru yang kini mengajar disekolah memiliki rentang usia antara 50-60 tahun dan akan pensiun secara masal mulai tahun 2015 hingga 2024. Cobalah tengok guru-guru di sekolah dasar. Lebih dari separuhnya yakni produk guru inpres yang rata-rata usianya lebih dari 50 tahun. Ini terjadi karena dulu pada masa orde gres ada proyek pengangkatan masal guru inpres yang dimulai sekitar tahun 1974 hingga tahun 1984. maka otomatis pensiunnya pun mereka akan masal.

Makara bagi rekan yang berminat jadi PNS tak perlu khawatir. Meski tahun ini ada penundaan tahun depan masih ada harapan. Bahkan menurut prediksi saya, kemungkinan akan ada pengangkatan PNS guru secara masal untuk mengganti PNS guru yang akan pensiun secara masal pula.

Sumber : http://www.menpan.go.id/berita-terkini/3517-anjab-dan-abk-belum-beres-pemerintah-tunda-seleksi-cpns-2015 ,







Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...