Turun Status dan Mengirim Kembali Data e-PUPNS

Ini merupakan pengalaman yang mendebarkan dan bikin stress. Pada hari kamis tanggal 02-10-2015 data e-PUPNS guru-guru di SD kami telah selesai dientri.  Tinggal  mengirimkan data dan berkas bukti fisik ke SKPD. Proses pengiriman data berjalan lancar, namun ternyata setelah data terkirim ada satu data yang terlupa sehingga diputuskan untuk meminta petugas verifikator level 1 yang posisinya berada di Kantor UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan untuk menurunkan status e-pupns guru-guru di SD kami biar data mampu diedit kembali.

Proses Turun Status berjalan lancar dan data yang belum masuk dientrikan kembali ke akun masing-masing guru. Tinggal mengirim ulang data dan ternyata setelah mengklik tombol kirim, data tidak terkirim.  Entah apa penyebabnya. Tiap-tiap mengklik tombol kirim selalu muncul goresan pena `Belum Simpan/Periksa Semua tab. Kemudian saya membuka semua tab kecuali Tab Riwayat Diklat Struktural dan Data Dokter alasannya ialah memang kedua tab tersebut tidak diisi. Semua tombol simpan di tiap tab di klik. Setelah selesai dicoba kembali untuk mengirim kembali dan ........gagal. Muncul goresan pena `Belum Simpan/Periksa Semua tab.

Betapa paniknya pikiran saya. Ada rasa sesal dihati telah meminta petugas verifikator level 1 untuk `Turun Status` dan ternyata kini e-pupns guru-guru SD kami bermasalah. Terbayang kami dipecat  oleh BKN alasannya ialah tidak mengisi data PUPNS . Belum lagi nanti teman-teman menyalahkan saya atas dilema ini. Bertanya ke sana kemari risikonya sama, `coba periksa semua data barangkali ada data yang belum tersimpan`. Sudah saya coba berkali-kali dan risikonya tetap sama. Akhirnya saya menyerah.

Beberapa jam kemudian  saya coba kembali mengirim data. Secara tak sadar saya mengklik semua tab tak terkecuali Tab  Riwayat Struktural dan Data Dokter. Klik kirim dan.................................berhasil. Alhamdulillah.........................data berhasil terkirim dan   mudah-mudahan saja pengisian formulirnya benar dan walaupun ada yang salah semoga saja mampu diperbaiki kembali. Setelah dipikir ternyata kegagalan mengirimkan data ialah alasannya ialah tidak semua tab saya klik/buka. 

Makara kesimpulannya, setelah turun status, kondisi sistem e-pupns sangat sensitif. Bila sebelumnya tidak mengharuskan semua tab dibuka sebelum pengiriman data, setelah proses `Turun Status` ternyata semua tab harus dibuka/diklik biar proses mengirim data lancar. Ada-ada saja...................................................................................





Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...