MENGGANTI KATA ATAU FRASA DI MS WORD DENGAN FUNGSI REPLACE

Ketika kita mengedit sebuah dokumen, misalnya proposal, makalah, karya ilmiah dll, kadangkala kita perlu untuk mengganti sebuah kata atau frasa yang berada di dokumen dengan kata atau frasa lain yang lebih sesuai. Kalau cuma mengganti satu kata/frasa tidak masalah, tinggal hapus kata yang ingin diganti dan tulis kembali dengan kata yang sesuai. Bagaimana jika kata /Frasa yang diganti puluhan atau ratusan? dan kata atau frasa yang ingin diganti itu sama. Untuk hal tersebut maka gunakanlah fungsi replace. 

Lihatlah dokumen di atas. Misalnya kita ingin mengganti frasa Dusun Selacai dengan Dusun Selaawi. Kita tak perlu mengganti satu persatu Dusun Selacai dengan Dusun Selaawi, tinggal gunakan fungsi replace.

Bagaimana cara menggunakan fungsi replace tesebut? Cukup mudah. Apabila anda belum paham caranya, perhatikan baik-baik langkah-langkah penggunaaan fungsi replace di bawah ini dengan seksama.

1. Bukalah dokumen yang akan diedit
2. Klik `replace` yang posisinya berada di sudut kiri atas.

3. Kemudian akan muncul kotak dialog menyerupai gambar di bawah. Pada pada kolom find what isikan dengan kata yang ingin diganti. Sebagai pola misal kita masukan frasa `Dusun Selacai`. dan pada kolom replace with isikan dengan kata atau frasa yang kita inginkan, misal `Dusun Selaawi`. Selanjutnya klik Replace All. 


4. Selanjutnya akan muncul tampilan menyerupai di bawah. Klik ok maka penggantian kata atau frasa selesai, 
Catatan : Perhatikan penulisan kata yang ingin diganti, ejaannya harus persis. Misal dalam dokumen tertulis `Dusun Selacai` maka dalam kotak dialog find what penulisannya juga harus `Dusun Selacai` jangan `dusun selacai`. Bila penulisan tidak sesuai perubahan kata atau frasa akan gagal.



Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...