Perjanjian Hutang Dengan Jaminan

Perjanjian Hutang Pada kesempatan yang telah lalu, saya telah membagikan sebuah pola surat yang juga berkenaan dengan keuangan, yaitu contoh surat peminjaman uang yang baik dan benar. Namun kali ini, saya akan menyajikan contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan. Namun sebelum saya bagikan contohnya, mari kita simak terlebih dahulu sedikit mengenai pengertian dari surat perjanjian hutang tersebut.

 saya telah membagikan sebuah pola surat yang juga berkenaan dengan keuangan  Perjanjian Hutang Dengan Jaminan


Surat perjanjian ialah surat yang dibentuk oleh kedua belah pihak yang sepakat untuk melakukan hak dan kewajiban masing-masing pihak yang telah mengikat diri untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu. Dalam hal perjanjian hutang, maka perbuatan yang dimaksud ialah memperlihatkan sejumlah uang kepada salah satu pihak yang lain, yang kemudian pihak yang lain tersebut mempunyai kewajiban untuk mengembalikan uang pinjamannya sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Dalam keseharian kita dikenal ada dua macam surat perjanjian hutang, yaitu surat perjanjian hutang dengan jaminan dan tanpa jaminan. Perbedaan antara kedua surat tersebut terletak pada ada dan tidaknya jaminan dalam sebuah perjanjian hutang tersebut. Namun pada kesempatan ini, saya hanya akan membagikan pola surat perjanjian hutang dengan jaminan, sedangkan untuk surat perjanjian hutang tanpa jaminan akan saya share di lain kesempatan. Langsung saja, berikut pola surat perjanjian hutang dengan jaminan.

Perjanjian Hutang Dengan Jaminan

Pada hari ini Selasa Tanggal Sembilan Juni Tahun Dua Ribu Lima Belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini oke mengadakan Perjanjian Utang Piutang yaitu:

1.
Nama        :  Ikhsan
Umur        :  26 Tahun
Pekerjaan  :  Karyawan Swasta
Alamat      :  Jl. Kenari No. 35
Untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.
Nama        :  Ikram
Umur        :  29 Tahun
Pekerjaan :  Wiraswasta
Alamat     :  Jl. Melati No. 25
Untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Maka melalui surat perjanjian ini disetujui oleh Kedua Belah Pihak ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum di bawah ini:
  1. PIHAK PERTAMA telah mendapatkan uang tunai sebesar Rp.600.000.000,- (Enam Ratus Juta Rupiah) dari PIHAK KEDUA yang dimana uang tunai tersebut yaitu hutang atau pinjaman. 
  2. PIHAK PERTAMA bersedia memperlihatkan barang jaminan yakni …………., yang nilainya dianggap sama dengan uang pemberian kepada PIHAK KEDUA.
  3. PIHAK PERTAMA berjanji akan melunasi uang pemberian KEPADA PIHAK KEDUA dengan batas waktu tenggang selama 6 (Enam) bulan terhitung dari ditandatanganinya Surat Perjanjian ini.
  4. Apabila nantinya dikemudian hari ternyata PIHAK PERTAMA tidak sanggup membayar hutang tersebut, maka PIHAK KEDUA mempunyai hak penuh atas barang jaminan baik untuk dimiliki langsung maupun untuk dijual kepada orang lain.
  5. Surat Perjanjian ini dibentuk dalam 2 (Dua) Rangkap bermaterai cukup dan masing-masing rangkap mempunyai kekuatan aturan yang sama, masing-masing untuk PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.
  6. Surat Perjanjian dibentuk dan ditandatangani oleh Kedua Belah Pihak secara sadar dan tanpa tekanan dari Pihak manapun di Jakarta pada hari, tanggal dan bulan ibarat tersebut di atas.
Demikianlah surat perjanjian utang-piutang ini dibentuk bersama di depan saksi-saksi, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan untuk dijadikan sebagai pegangan aturan bagi masing-masing pihak.

PIHAK PERTAMA,                                                                                   PIHAK KEDUA


       Ikhsan                                                                                                         Ikram 

Saksi-saksi : 

NAMA                   TANDA TANGAN 
1. Alaudin               _______________ 
2. Junaidi                _______________ 
3. Marzuki              _______________ 
4. Muntazar            _______________ 

Demikianlah contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan yang sanggup saya bagikan pada kesempatan ini, supaya sanggup membantu Anda dalam menciptakan surat tersebut. Jika Anda membutuhkan silahkan baca juga contoh surat permohonan magang kerja. Barangkali surat tersebut juga sanggup menjadi salah satu komplemen tumpuan untuk Anda. Akhir kata, terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

Sumber http://www.contohsurat123.com/

Subscribe to receive free email updates:

loading...