Pengertian Dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

1.       Pengertian Media Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, terdapat beberapa faktor yang sangat berperan dalam keberhasilan pembelajaran. Faktor-faktor tersebut yakni : (1) faktor guru, (2) faktor siswa, (3) faktor sarana dan fasilitas, dan (4) faktor lingkungan. Dalam faktor sarana dan kemudahan termasuk didalamnya media  yang berfungsi sebagai alat untuk membantu kemudahan berguru bagi siswa dalam pembelajaran.
“Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti `tengah`, `perantara`, atau `pengantar`. Dalam bahasa Arab, media yakni perantara (wasaa`il) atau pengantar pesan dari pengirim kepada akseptor pesan” (Azhar Arsyad, 2005:3).  Gerlach dan Ely (dalam Azhar Arsyad, 2005:3) mengatakan bahwa, “Media apabila dipahami secara garis besar yakni manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa bisa memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap”.
Pemerolehan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku dapat terjadi alasannya yakni interaksi antara pengalaman gres dengan pengalaman sebelumnya. Menurut Bruner (dalam Azhar Arsyad, 2005:7) “ Ada tiga tingkatan utama proses belajar, yaitu pengalaman eksklusif (enactive), pengalaman pictorial/gambar (iconic), dan pengalaman ajaib (symbolic)”.
 Dengan demikian media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran serta sarana pembawa pesan dari sumber berguru ke akseptor pesan (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media pembelajaran dalam hal-hal tertentu dapat mewakili guru menyajikan informasi berguru kepada siswa. Jika media pembelajaran didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa eksistensi guru.

2.      Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran yakni memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga acara pembelajaran akan berlangsung secara efektif dan efisien. Secara lebih khusus manfaat media pembelajaran  dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.       Media dapat memperjelas penyajian pesan biar tidak terlalu verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau ekspresi belaka)
b.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c.       Penggunaan media secara sempurna dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik
d.      Menimbulkan kegairahan berguru
e.       Interaksi eksklusif antara anak didik dengan lingkungannya

3.      Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Media pembelajaran aneka macam jenis dan macamnya. Mulai dari yang paling sederhana dan murah sampai media yang berteknologi tinggi dan mahal harganya. Ada media yang dibuat sendiri oleh guru dan ada pula media yang diproduksi oleh pabrik. Ada media yang sudah tersedia di lingkungan dan dapat dimanfaatkan langsung, ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran.
Menurut Seel dan Glasgow (dalam Azhar Arsyad, 2005:33) media dibagi ke dalam dua kategori luas, yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mutakhir dengan perincian sebagai berikut:
1.      Pilihan Media Tradisional yang terdiri dari :
a.         Visual membisu yang diproyeksikan (proyeksi opaque /tak tembus pandang, proyeksi overhea, slide, filmstrip)
b.         Visual yang tak diproyeksiskan (gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-bulu)
c.         Audio (rekaman piringan, pita kaset, reel, cartridge)
d.         Penyajian Multimedia (slide plus suara, multi – image)
e.         Visual dinamis yang diproyeksikan ( film, televisi, video)
f.          Cetak (buku teks, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, lembaran lepas/hand-out)
g.         Permainan (teka-teki, simulasi, permainan papan)
h.         Realia (model, specimen, manipulatif)
2.      Pilihan Media Teknologi Mutakhir
a.       Media berbasis telekomunikasi (telekonfren, kuliah jarak jauh)

b.      Media berbasis mikroprosesor (Computer-assisted instruction, permainan komputer, sistem tutor intelijen, interaktif, hypermedia, compact (video) disc)

Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...