Solusi Nama Rombel kosong di Dapodik V.4.1.0

Aplikasi Dapodik V.4.1.0  untuk semester genap tahun anutan 2015/2016 resmi dirilis. Saatnya bagi operator sekolah untuk memperbaharui data dapodik yang meliputi data sekolah, prasarana sekolah , data akseptor didik , rombongan berguru dan data PTK. Batas waktu pengiriman data dapodik ke server sentra  adalah tanggal 29 Februari 2016. 

Ada banyak kendala yang dialami operator dikala mengupgrade Dapodik ke versi 4.1.0. Diantaranya selalu gagal dalam mendownload instaler Dapodik V.4.1.0, tidak menemukan preffil dapodik, gagal instalasi Dapodik V.4.1.0 di laptop/komputer, rombel tidak terisi dan banyak lagi.

Dalam kesempatan kali ini akan dibahas solusi rombongan berguru tidak terisi setelah instalasi Dapodik V.4.1.0 selesai. Mungkin ada beberapa rekan operator yang mengalami hal tersebut. Bagi operator yang sudah berpengalaman hal tersebut bukan suatu kendala besar. Namun kenyataan di lapangan, banyak sekolah yang melaksanakan pergantian operator dan mungkin galau mengatasi duduk perkara tersebut.


Bila rekan-rekan mengalami hal sebagaimana dalam gambar di atas, maka lakukanlah langkah-langkah di bawah ini;

  1. Klik menu Rombongan Belajar , klik Action Menu di sebelah kanan atas dan pilih lanjutkan semester. Pilih nama rombel di kotak pilihan dan klik save and close. Kemudian kalau ada kotak pilihan lagi klik save and close sekali lagi. Maka nama rombel akan tampil dan  anggota rombel akan otomatis masuk ke kelas yang dipilih. Lakukan beberapa kali sebanyak jumlah rombel sehingga semua kelas memiliki anggota rombel.
  2. Setelah jawaban lanjutkan dengan mengisi menu `Pembelajaran`. Klik kelas yang dipilih,klik pembelajaran dan isi pembelajaran sesuai SK PBM yang berlaku.
  3. Setelah jawaban klik menu beranda dan tekan `ctrl bersamaan dengan F5`. maka nama rombel kini sudah terisi semua.
Masalah lain yang sering terjadi berkaitan dengan dapodik V.4.1.0 yaitu gagal dalam menginstal Dapodik V.4.1.0. Kemungkinannya yaitu proses pengunduhan yang tidak lengkap. Pastikan Installer dapodik V.4.1.0 yang didownload ukurannya 41,3 MB. Bila masih kurang berarti proses unduhannya gagal.

Untuk lebih terang perihal  tata cara pengunduhan dapodik V.4.1.0 silahkan baca buku manualnya dahulu semoga terhindar dari kesalahan.


Sumber https://selalusiapbelajar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

loading...